alexametrics

7 Pendaki Gunung Soputan Dievakuasi dalam Keadaan Selamat

loading...
7 Pendaki Gunung Soputan Dievakuasi dalam Keadaan Selamat
Tujuh pendaki yang berada di sekitar Gunung Soputan sudah dievakuasi dalam keadaan selamat oleh tim Basarnas bersama Kepolisian dan TNI yang menyisir Kawasan Soputan, Kamis (4/10/2018). Foto ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
RATAHAN - Aktivitas pendakian yang terdeteksi dari pos pemantau Gunung Soputan Rabu dini hari 3 Oktober 2018, ternyata benar adanya. Hal ini dipastikan setelah pihak Basarnas bersama Kepolisian dan TNI menyisir Kawasan Soputan, Kamis (4/10/2018).

"Saat ini tujuh pendaki yang berada di sekitar Gunung Soputan sudah dievakuasi dalam keadaan selamat," kata Koordinator Pos Basarnas Kotamobagu Rusmadi di Silian, Kamis (4/10/2018).

Dia menuturkan, penelusuran di sekitar Gunung Soputan dilakukan setelah sebelumnya ada laporan bahwa pada Rabu malam terlihat aktivitas pendakian lewat cahaya senter di kawasan lereng hingga ketinggian 500 meter.



"Kami berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dan TNI untuk melakukan pencarian, dan kami memastikan para pendaki sudah turun dalam keadaan selamat," katanya.

Sementara itu Camat Silian Raya Berty Mokat mengungkapkan, para pendaki tersebut berasal dari luar Minahasa Tenggara.
"Mereka ini adalah turis yang naik ke Soputan dari arah Minahasa Selatan. Makanya tidak terdeteksi ataupun melapor kepada pemerintah desa setempat," ujarnya.

Sebagaimana yang diketahui, beberapa jam sebelum terjadi erupsi Rabu pagi lalu, petugas pos pemantau Gunung Soputan sempat mendeteksi ada aktivitas cahaya senter di lereng gunung.

"Sampai pada Rabu dini hari sekira pukul 5 pagi, kami masih melihat ada tiga titik cahaya di tiga lokasi di kawasan lereng," ujar Kepala Pos pemantau Asep Saifulah.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak