alexametrics

Gagal Tuntut Upah yang Belum Dibayar, Buruh Iljin Sun Datangi DPRD

loading...
Gagal Tuntut Upah yang Belum Dibayar, Buruh Iljin Sun Datangi DPRD
Karyawan PT Iljin Sun berunjuk rasa di halaman gedung DPRD Purwakarta. Mereka menuntut wakil rakyat untuk mengawal tuntutan mereka terkait upah yang belum dibayar. SINDOnews/Asep Supiandi
A+ A-
PURWAKARTA - Ribuan buruh PT Iljin Sun Garment akhirnya memilih berunjuk rasa di DPRD Purwakarta, Kamis (4/9/2018). Pilihan itu terpaksa dilakukan setelah aksi mogok kerja berhari-hari menemui jalan buntu.

Semua tuntutan mereka terkait upah yang tak dibayar perusahaannya masih belum terealisasi. Mereka berharap para wakil rakyat di DPRD bisa ikut mengawal tuntutan mereka.

Seperti diketahui, gaji karyawan PT Iljin Sun pada Juni 2018 tertunda. Sebulan kemudian dibayar hanya Rp1 juta dan pada Agustus juga dibayar Rp1 juta. Lebih parah lagi pembaran pada September hanya Rp 750.000 saja. Sementara, sesuai UMK, gaji yang wajib diberikan Rp 2,7 juta/bulan.



Para buruh ini datang ke DPRD Jalan Ir H Djuanda, Purwakarta, dengan membawa berbagai poster yang berisi tuntutan pembayaran upah. "Kami datang ke gedung DPRD ini untuk menyerukan suara kami yang ditelantarkan perusahaan selama berbulan-bulan," kata koordinator SPSI PT Iljin Sun Purwakarta, Sinyo Rohman.

Sinyo berharap, melalui aksi demo tersebut, anggota DPRD mendengar dan membantu mencari jalan keluar bagi seluruh karyawan PT Iljin Sun yang saat ini menuntut hak. "Kami ingin upah tiga bulan kami dibayarkan oleh pihak perusahaan," ungkapnya.

Sementara itu, setelah beberapa saat menggelar aksi, sebanyak 50 perwakilan buruh diterima sejumlah anggota dewan. Mereka berjanji akan menindaklanjuti aspirasi yang dialami para buruh.
(wib)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak