alexametrics

Warga Minahasa Tenggara Tak Terpengaruh Erupsi Gunung Soputan

loading...
Warga Minahasa Tenggara Tak Terpengaruh Erupsi Gunung Soputan
Warga Minahasa Tenggara yang tinggal di kawasan kaki Gunung Soputan tidak terpengaruh dengan erupsi Gunung Soputan yang terjadi Rabu (3/10/2018). Foto aktivitas anak-anak di saat erupsi Gunung Soputan/Koran SINDO/Marcos
A+ A-
RATAHAN - Warga Minahasa Tenggara (Mitra) yang tinggal di kawasan kaki Gunung Soputan tidak terpengaruh dengan erupsi Gunung Soputan yang terjadi Rabu (3/10/2018) sekitar pukul 08.47 Wita. Terpantau, sejumlah warga masyarakat seperti halnya di Kecamatan Silian Raya, Tombatu dan Touluaan melakukan aktivitas seperti biasanya. Pemandangan tersebut menurut warga masih tergolong hal biasa.

"Ini masih dibilang hal biasa. Lihat saja warga masih melakukan aktivitas biasanya. Bahkan sebagian petani dan pemasak gula di kawasan kaki gunung, masih melakukan aktivitasnya," ujar tokoh masyarakat Ryan Sandag.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mitra Ferry Uway melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Eric Manoroinsong mengungkapkan pascaerupsi Rabu (3/10/ hingga pukul 14:00 WiTa, belum ada satupun wilayah Mitra yang terdampak.



"Kita sudah turun ke lapangan di beberapa kecamatan terdekat kaki gunung. Hasilnya masih nihil dampak erupsi," ujarnya.

Hanya saja terkait hal ini pemerintah kabupaten kata dia, sudah melakukan antisipasi. Diantaranya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan masker dan menyiagakan beberapa Puskesmas sebagai posko.

"Bersama petugas kesehatan kami sudah bagikan 4000 masker di tiga Puskesmas yakni Touluaan, Silian Raya dan juga Tombatu. Ini langkah antisipasi jika nantinya ada dampak akibat erupsi," pungkasnya.

Kepala Pos Pemantau gunung Soputan Asep Saifulah menuturkan, Awan tebal hasil erupsi lebih condong ke arah Barat dan Barat Daya.

"Kemungkinan besar dampaknya ke wilayah Minsel," ujar Asep.

(marvel pandaleke)
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak