Pesawat Tempur T50 Goldel Eagle Sambut Flag Relay HUT TNI

Minggu, 30 September 2018 - 22:37 WIB
Pesawat Tempur T50 Goldel Eagle Sambut Flag Relay HUT TNI
Pesawat Tempur T50 Goldel Eagle Sambut Flag Relay HUT TNI
A A A
YOGYAKARTA - TNI menggelar kegiatan Flag Relay dari Sabang-Merauke mulai 28 September-4 Oktober 2018, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

Dimulai dari titik O Km sabang, flag relay atau estafet bendera merah putih akan melewati beberapa kota sebelum sampai di Merauke. Setelah Sabang, yaitu Banda Aceh, Pekanbaru Riau, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, Kupang, Ambon, Sorong dan terakhir Merauke untuk dikibarkan saat HUT TNI pada 5 Oktober 2018. Direncanakan HUT TNI 2018 akan dipusatkan di Merauke.

Setelah melewati beberapa kota, Flag Relay tiba di Yogyakarta, Minggu (30/9/2018). Pesawat pembawa bendera merah putih dan lambang-lambang satuan mendarat di Bandara Adisutjipto pada pukul 07.30 WIB disambut dengan tari Gambyog. Sebelum mendarat empat pesawat tempur T50 Golden Eagle menyambut pesawat yang membawa bendera tersebut.

Selanjutnya bendera merah putih diserahkan oleh petugas dari Mabes TNI kepada Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tedy Rizalihadi. Setelah upacara penerimaan bendera merah putih dan lambang satuan dengan dikawal dua kendaraan taktis (rantis) dari Kikav Yogyakarta dan satu rantis dari Brimob Polda DIY serta komunitas Yogyakarta American Jeep bendera merah putih dan lambang satuan dibawa menuju kantor DPRD DIY Jalan Malioboro untuk dikirab secara estafet.

Setelah sampai di kantor DPRD DIY bendera merah putih diserahkan dari Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Tedy Rizalihadi kepada komandan Korem (Danrem) 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni untuk dibawa ke Istana Gedung Agung.
Bendera merah putih dan satuan lambang dikirab dan diarak jalan kaki diiringi rombongan prajurit pembawa bendera merah putih, pasukan Bergodo DIY, pasukan Paskibraka, Prajurit pengiring, FKPPI dan pelajar. Tiba di Istana Gedung Agung diserahkan dari Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni kepada kapolda DIY Brigjrn Pol Ahmad Dofiri.

Dari Kapolda diserahkan kepada Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, dari Danlanal dilanjutkan diserahkan kepada Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudya, dari Dandim 0734/Yogyakarta diserahkan kepada Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini, dari Kapolresta diserahkan kepada Kasubag Perlengkapan Istana Gedung Agung Budi Nuryanto, dari Kasubag Perlengkapan diserahkan kepada Sekda DIY Gatot Saptadi.

Selanjutnya dari Sekda diserahkan kembali kepada Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedy Rizalihadi untuk kembali dibawa ke Bandara Adisutjipto dengan dikawal dengan Rantis dari Kikav dan Brimob Polda DIY serta Komunitas Yogyakarta Amerikan Jeep dan dibawa lagi ke Lanud Adisutjipto.

“Dari Lanud Adisutjipto, Flag Relay akan di diterbangkan menuju bandara Juanda Surabaya,” kata Kapenrem 072/Pmk Mayor Arm Mespan.

Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan selain dalam rangka HUT ke-73 TNI, Flag Relay bendera merah putih tersebut juga untuk menggelorakan nasionalisme dan patriotisme bagi seluruh warga negara Indonesia.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7572 seconds (0.1#10.140)