Maqali, Hidangan Asal Suriah yang Selamatkan Pengungsi saat Berbuka Puasa

Senin, 18 Maret 2024 - 03:00 WIB
loading...
Maqali, Hidangan Asal Suriah yang Selamatkan Pengungsi saat Berbuka Puasa
Bayan dan Khaled mengupas dan memotong sayuran untuk membuat maqali. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Dibuat dalam bentuk yang paling sederhana, hidangan sayuran goreng ini menyatukan keluarga miskin dan terlantar di bulan Ramadan .

Ingin membuat sesuatu yang enak dan hemat, Bayan al-Jassem, 32, memutuskan untuk menggunakan makanan pokok di dapur Suriah, maqali (diucapkan dengan penekanan glotal).

Keputusan tersebut diambil beberapa jam sebelum matahari terbenam pada hari kedua Ramadan. Keputusan tersebut diperlukan agar makanan dapat disiapkan untuk berbuka puasa, saat matahari terbenam. Karena maqali adalah masakan sederhana, sesuai dengan namanya yang berarti “gorengan”, Bayan tidak terlalu khawatir untuk menyiapkannya tepat waktu.

“Kami semua menyukai sayur goreng,” kata Bayan mengacu pada suami dan kelima anaknya, seraya menambahkan bahwa sayuran yang dimaksud hari itu adalah zucchini, terong, kembang kol, dan kentang, kombinasi klasik.



Suaminya, Khaled al-Reem, 45, disuruh ke pasar untuk memilih bahan-bahan yang dibutuhkan dan membawanya pulang.

Kemudian pasangan tersebut mulai bekerja sama untuk melakukan persiapan, dengan Bayan menuju ke tangki air bersama untuk mencuci sayuran dan kemudian duduk di lantai tenda bersama Khaled untuk mengupas dan memotong sayuran sesuai ukuran yang mereka inginkan untuk digoreng.

Maqali merupakan hidangan sederhana yang cara menyiapkannya, karena langkah resepnya hanya sebatas memotong atau mengiris sayuran sesuai ukuran yang diinginkan lalu menggorengnya hingga berwarna kecokelatan, sehingga Bayan tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Dia dan Khaled harus memastikan bahwa mereka menyiapkan lebih banyak kentang dibandingkan sayuran lainnya, karena putra sulung mereka, Hisham, sangat menyukai kentang goreng.

Apa yang akan menimbulkan masalah adalah memanaskan minyak dalam panci masaknya yang sudah usang dan menghitam, yang terletak di atas api kecil yang dinyalakan dengan susah payah dengan ranting-ranting saat matahari terbenam mendekat.

Namun dia berhasil, dan mulai menggoreng, dengan Khaled berdiri di sampingnya untuk membantu dan mengangkut piring-piring berisi makanan yang sudah jadi kembali ke tenda dari tempat mereka menyiapkan ruang memasak terbuka darurat.



Sedikit Bumbu, Jika Ada

Maqali biasanya ditaburi dengan campuran rempah-rempah yang muncul panas dari minyak goreng, bahan-bahan seperti jintan dan serpihan cabai merah mungkin ada dalam campuran itu.

Mereka juga disajikan dengan berbagai saus yang berbeda, tergantung pada preferensi keluarga – beberapa menyukai saus tahini yang asam dan kaya, sementara yang lain memilih saus bawang putih yang pedas dengan lemon.

Namun Bayan dan keluarganya begitu miskin akibat perang dan pengungsian sehingga mereka tidak punya uang untuk membeli saus. Mereka, seperti ribuan pengungsi internal lainnya (IDP), datang ke kamp pengungsian Yaman lima tahun lalu. Mereka meninggalkan rumahnyadi Khan Sheikhoun.

Jadi dia memilih untuk menaburkan sayuran dengan garam saja dan menyajikannya dengan salad cincang sederhana.

Al Jazeera melaporkan pada akhir tahun ke-13 perang di Suriah, Program Pangan Dunia memperkirakan bahwa 12,9 juta warga Suriah menderita kekurangan pangan – lebih dari separuh perkiraan populasi sebanyak 23,4 juta jiwa.

Dan dengan terus meningkatnya harga pangan, yang meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun lalu, keluarga dengan pendapatan terendah hanya mampu memenuhi seperlima dari kebutuhan mereka.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)