Kenali 11 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar BUMN PT Persero

Minggu, 17 Maret 2024 - 08:39 WIB
loading...
Kenali 11 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar BUMN PT Persero
11 jurusan kuliah yang lulusannya banyak diincar oleh BUMN Persero. Foto/YouTube Pertamina.
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak diincar oleh BUMN Persero. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, memang banyak orang yang menginginkan bekerja di perusahaan pelat merah ini.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah S1 yang Alumninya Banyak Dicari Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

Selain gaji yang besar, keterjaminan hidup menjadi alasan mengapa banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan milik BUMN. Terlebih lagi jika mereka bisa diterima di BUMN Persero.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dibutuhkan di Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Berikut Daftarnya

Beberapa BUMN Persero di antaranya seperti, PT Pertamina, PT Telkom, PT PLN, PT BRI, PT Garuda Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, dan PT Semen Indonesia.

11 Jurusan Kuliah yang diincar BUMN PT Persero

1. Hukum


Setiap perusahaan memiliki bidang legal dan hukum yang mengurusi kepentingan terkait produk dan keputusan hukum. Karena itu, posisi legal di banyak perusahaan BUMN sangat dibutuhkan. Untuk itu, lulusan Ilmu Hukum dari berbagai peminatan selalu dicari, salah satunya di PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau PT RNI.

2. Teknik Sipil


Teknik sipil juga menjadi jurusan yang banyak dicari perusahaan BUMN. Contohnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Bank BRI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mau Kerja Bergaji Besar? Ini 6 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Jadi Incaran BUMN

3. Teknik Industri


Lulusan teknik Industri dibutuhkan beberapa BUMN, seperti PT Pertamina (Persero), Waskita Karya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, dan masih banyak lainnya.

4. Sistem Informasi


Sistem Informasi juga memiliki job desk yang sangat penting di perusahaan. Sistem Informasi akan berfokus pada pengelolaan informasi untuk mendukung operasional bisnis.

Baca juga: Mau Berkarier Mudah di BUMN? Pilih 15 Jurusan Kuliah Berikut Ini

5. Ilmu Komputer


Lulusan Ilmu Komputer banyak dicari perusahaan BUMN, karena hampir semua perusahaan sudah terdigitalisasi. Karena itu, untuk mengoperasikan berbagai perangkat milik perusahaan membutuhkan lulusan ilmu komputer.

6. Manajemen


Lulusan manajemen diperlukan banyak perusahaan BUMN untuk mengelola atau mengatur perusahaan, termasuk membuat rencana jangka panjang.

7. Teknik Informatika


Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat lulusan jurusan Teknik Informatika banyak dicari perusahaan milik BUMN. Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website, dan aplikasi perusahaan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Non Teknik yang Alumninya Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN

8. Akuntansi


Jurusan ini termasuk yang banyak dicari anak usaha BUMN. Semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan akuntansi untuk membantu perusahaan mengatur keuangan. Jadi, jurusan ini bisa dipilih siswa SMA saat SNBP atau SNBT 2024.

9. Ekonomi


Hampir semua perusahaan BUMN, seperti KAI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kimia Farma, dan Bank BRI. Alasan jurusan Ekonomi dan Bisnis banyak dicari, karena lulusan jurusan ini diminta untuk bisa mengelola keuangan perusahaan.

10. Psikologi


BUMN yang membuka lowongan untuk jurusan ini adalah PT Kimia Farma (Persero) Tbk, Perum Perhutani, dan masih banyak lagi. Mengingat jurusan ini sangat diperlukan untuk menyaring SDM dan mendampingi pekerja untuk mengatasi masalah pribadi yang bisa menghambat kinerja mereka.

11. Statistika


Jurusan Statistika memberikan pemahaman tentang analisis data dan statistik, keahlian yang sangat diperlukan di era digital dan industri 4.0. BUMN di berbagai sektor membutuhkan analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Demikian 11 jurusan kuliah yang banyak diincar perusahaan BUMN Persero. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)