Cocok Jadi Minuman Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Minggu, 17 Maret 2024 - 08:35 WIB
loading...
Cocok Jadi Minuman Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh
Air kelapa murni kaya akan berbagai mineral serta elektrolit seperti potasium, kalsium, mangan, antioksidan, asam amino, dan sitokinin. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Selain es buah dan es campur, es kelapa juga kerap menjadi pilihan untuk berbuka puasa karena dianggap menyegarkan. Namun, akan lebih baik jika mengonsumsi air kelapa murni yang tidak ada campuran gula.

Air kelapa murni kaya akan berbagai mineral serta elektrolit seperti potasium, kalsium, mangan, antioksidan, asam amino, dan sitokinin. Di samping itu, air kelapa murni juga rendah kalori, karbohidrat, dan gula. Segala kandungan nutrisi ini sangatlah baik untuk mengisi kembali kebutuhan gizi tubuh setelah berpuasa seharian. Akan ada banyak manfaat yang akan didapat oleh tubuh.

Mengutip laman PharmEasy, Minggu (17/3/2024), berikut 7 manfaat air kelapa untuk tubuh.


Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

1. Penambah Energi

Air kelapa adalah minuman yang kaya akan mineral, elektrolit, dan antioksidan yang membantu meningkatkan tingkat energi Anda secara instan. Air kelapa juga dapat mencegah kelelahan dan dehidrasi. Minuman ini mengandung lebih banyak kalium dan elektrolit, lebih sedikit natrium, dan lebih sedikit karbohidrat dibandingkan banyak minuman olahraga.

2. Bantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun terasa menyegarkan, air kelapa murni memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan minuman lain, seperti soda atau jus. Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 48 kalori. Dengan demikian, air kelapa bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Membantu Mengelola Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki gejala diabetes. Ini adalah sumber mangan yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

4. Membantu Pencernaan yang Baik

Air kelapa kaya akan mangan yang membantu mengatur pergerakan usus. Ini dapat mencegah distensi gas pada perut, sembelit, dan keasaman. Mengonsumsi air kelapa untuk keasaman dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan sambil menikmati minuman yang menghidrasi.


5. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Minum air kelapa mungkin bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Sebab, air kelapa dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung karena tinggi potasium. Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein) sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit jantung.

6. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Air kelapa serbaguna karena adanya mineral, elektrolit, dan antioksidan. Air kelapa membantu detoksifikasi tubuh dengan memberikan hidrasi dan antioksidan. Di antara manfaat kesehatan lainnya dari air kelapa, air kelapa juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Air kelapa mengandung vitamin C, bersifat antioksidan, dan secara alami dapat merangsang sintesis kolagen.

7. Mengurangi Kelelahan dan Stres

Menjalani berbagai macam aktivitas kadang terasa melelahkan hingga berakhir stres. Cobalah untuk menyeruput secangkir air kelapa yang akan membantu memberikan rasa rileks dan menenangkan pikiran Anda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)