Kisah Penyandang Disabilitas Disiksa Tentara Israel, Meninggal dalam Tahanan

Minggu, 17 Maret 2024 - 05:34 WIB
loading...
Kisah Penyandang Disabilitas Disiksa Tentara Israel, Meninggal dalam Tahanan
Ezz al-Din al-Banna. Foto/Ilustrasi: MEE
A A A
Ezz al-Din al-Banna, 40, adalah penyandang disabilitas yang meninggal dalam tahanan Israel bulan lalu.

Banna menderita kelumpuhan dari pinggang ke bawah. Ia ditangkap oleh tentara Israel pada akhir November dari sebuah gedung tempat ia mencari perlindungan di Kota Gaza .

Tentara Israel yang menangkapnya memukuli penyandang disabilitas ini secara brutal. Ia diseret ke lantai.

Menurut kerabatnya, luka yang dideritanya dalam serangan itu pada akhirnya menimbulkan komplikasi yang berujung pada kematiannya pada bulan Februari.

“Dia diperlakukan dengan brutal oleh tentara Israel, tanpa mempedulikan kecacatannya,” kenang Mohammed al-Banna, sepupu yang menjadi pendamping Ezz al-Din selama beberapa kali pengungsian sejak 7 Oktober.



Mohammed, 30, bersama Ezz al-Din selama beberapa jam pertama penahanannya dan memberikan laporan rinci kepada Middle East Eye tentang penderitaan kerabatnya sebelum kematiannya.

Ezz al-Din bersama lebih dari 31.000 lebih warga Palestina yang dibunuh oleh Israel.

Sebagian besar korban tewas akibat pemboman tanpa pandang bulu. Namun banyak juga yang tewas akibat tembakan penembak jitu, serangan quadcopter, eksekusi mendadak, kelaparan, dan seperti Ezz al-Din, akibat pemukulan dan penyiksaan.

“Kami telah tinggal di rumah tempat kami mencari perlindungan selama dua hari,” kenang Mohammed.

“Pada hari ketiga, pasukan Israel menyerbu gedung tersebut sekitar jam 5 pagi. Hingga sekitar pukul 06.30 mereka hanya terus menerus menembaki gedung tersebut, serta menembakkan bom suara ke dalamnya.

“Mereka mengetuk pintu kami dan saya pergi untuk membukanya. Seorang tentara segera mengangkat senapan M16 ke arah saya.”

Para prajurit memerintahkan sekelompok pria, termasuk Ezz al-Din dan kerabatnya, untuk menanggalkan pakaian mereka dan berdiri bersandar ke dinding.



Mereka kemudian diperintahkan untuk memberikan informasi pribadi mereka. Sekelompok pria tersebut kemudian disuruh meninggalkan gedung tetapi tanpa kursi roda Ezz al-Din. Mohammed dan kerabat lainnya harus membawanya ke permukaan tanah.

Ketika mereka melakukannya, mereka dihadapkan pada pemandangan yang memperjelas konsekuensi jika mereka tidak mematuhi perintah Israel.

“Saat menuruni tangga sambil membawa Ezz, kami melihat seorang tetangga, Abu Mohammed Humeid, terbunuh dan tergeletak di tanah,” kenang Mohammed.

“Mereka menembaknya karena dia keluar dari apartemennya tanpa izin.”

Di luar, mereka kembali dipaksa duduk, sementara tentara Israel mengikat tangan mereka dengan tali pengikat.

Mohammed mengatakan bahwa cobaan berat selama 15 jam, yang terjadi di atas pecahan kaca, kadang-kadang diselingi oleh seorang tentara Israel yang datang untuk menampar wajahnya dan saudara laki-laki Ezz al-Din, Ihab.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)