Ukraina Siapkan Evakuasi Massal, Sinyal Invasi Besar-besaran Rusia Akan Segera Dimulai?

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:53 WIB
loading...
Ukraina Siapkan Evakuasi Massal, Sinyal Invasi Besar-besaran Rusia Akan Segera Dimulai?
Ukraina menyiapkan evakuasi massal karena invasi Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemerintah Ukraina telah memulai evakuasi massal terhadap masyarakat di wilayah Sumy utara negara itu yang dekat dengan perbatasan Rusia. Itu terjadi setelah pertempuran intensif yang berkepanjangan di wilayah tersebut.

Administrasi militer wilayah Sumy, menulis di aplikasi pesan Telegram, mengatakan lebih dari 180 penduduk daerah dekat komunitas Velikopysarska, dekat perbatasan, telah dievakuasi selama tiga hari terakhir.

Pihak berwenang di Sumy telah lama mengeluarkan laporan harian mengenai penembakan yang dilakukan Rusia, namun serangan semakin intensif.

Pemerintah daerah mengatakan daerah yang dimaksud adalah “yang paling tegang” di wilayah Sumy, dengan tiga orang tewas dan 13 luka-luka selama lima hari terakhir.

Pemerintah mengatakan total lebih dari 4.500 warga telah dievakuasi dari 22 desa di wilayah Sumy, namun tidak memberikan jangka waktu.



Velikopysarska terletak beberapa kilometer dari desa Kozinka di seberang perbatasan Rusia - dimana pemerintah setempat minggu ini mengatakan serangan kelompok bersenjata menyebabkan kerusakan besar. Kelompok-kelompok tersebut menggambarkan diri mereka terdiri dari orang-orang Rusia yang menentang Kremlin dan mengatakan mereka sedang melakukan operasi militer di daerah tersebut.

Gubernur wilayah Belgorod, Vyacheslav Gladkov, mengatakan penembakan terhadap wilayah di bawah yurisdiksinya terus berlanjut pada hari Kamis, dan menyebabkan satu orang terluka. Gladkov mengunjungi daerah perbatasan pada Rabu malam dan mengatakan tidak ada pasukan musuh di wilayah tersebut.

Gubernur wilayah tetangga Kursk di Rusia, Roman Starovoit, mengatakan unit pertahanan udara telah menembak jatuh tiga drone Ukraina pada Kamis malam.

Namun demikian, Reuters tidak dapat memverifikasi laporan aktivitas militer dari kedua pihak.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)