Awas Sering Begadang Bikin Ginjal Rusak, Ini Hubungannya

Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:30 WIB
loading...
Awas Sering Begadang Bikin Ginjal Rusak, Ini Hubungannya
Sering begadang tidak langsung menyebabkan ginjal rusak. Namun, kebiasaan begadang secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan risiko masalah ginjal. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Sering begadang tidak langsung menyebabkan ginjal rusak . Namun, kebiasaan begadang secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah ginjal.

Begadang secara berulang dapat mengganggu pola tidur yang sehat, menyebabkan ketidakseimbangan hormon, meningkatkan stres, dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Semua ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan jangka panjang yang pada gilirannya dapat mempengaruhi fungsi ginjal .

Beberapa faktor lain yang terkait dengan begadang, seperti konsumsi kafein yang berlebihan atau kebiasaan merokok yang sering terjadi pada orang yang begadang, juga dapat berkontribusi pada kerusakan ginjal. Selain itu, begadang sering kali terkait dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Seperti kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang buruk, yang juga dapat meningkatkan risiko masalah ginjal. Dokter Spesialis Penyakit dalam, Konsultan Ginjal dan Hipertensi dr. Dina Nilasari, PhD, SpPD-KGH mengatakan bahwa gaya hidup sangat berpengaruh pada kesehatan ginjal.



“Ada faktor beberapa yaitu lifestyle itu juga berpengaruh. Lifestylenya begadang semalaman itu nggak akan bikin diri langsung rusak ya. Tapi seringkali untuk biar bisa begadang Ini banyak mengonsumsi minuman namanya energy drink,” kata dr. Dina di kawasan Pasar Senen, Jakarta beberapa waktu lalu.

Meskipun hingga saat ini masih belum ada penelitian yang mengungkap bahwa begadang bisa langsung merusak ginjal, tetapi biasanya ketika begadang sebagian orang kerap merasa lapar dan haus. Sehingga memilih makanan dan minuman yang bisa merusak ginjal.

Di dalam minuman berenergi, disebut dr. Dina terdapat kandungan kafein yang memang bisa membuat seseorang menjadi tidak mudah mengantuk. Selain itu, kandungan gula di dalamnya pun juga sangat tinggi.

Namun dengan begadang saja, tubuh sudah dipaksa untuk beraktivitas walaupun sebetulnya di malam hari organ-organ dalam tubuh seharusnya beristirahat. Ditambah dengan mengonsumsi minuman berenergi, hal ini yang bisa membuat kerja ginjal semakin berat.



"Energy drink yang didapatkan supaya bisa melek dari kafein yang tertera atau yang terkandung di dalam energy drink. Tapi ada bahan lain di energy drink ini yang in the long term dan kalau konsumsinya berlebihan itu sangat menggantung ginjal,” ujarnya.

Bukan cuma itu, penyakit ginjal yang menyerang anak muda pun bisa karena faktor lainnya. Mulai dari genetik dari orang tua atau bahkan buyut yang ikut terbawa hingga keturunan berikutnya.

“Ada genetik yang orang tuanya, neneknya, atau buyutnya ada gangguan ginjal yang sebenarnya juga terbawa oleh anak muda ini. Tapi tidak diperiksakan,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)