Manfaat Luar Biasa Salat Tarawih bagi Kesehatan Otot dan Sendi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 08:00 WIB
loading...
Manfaat Luar Biasa Salat Tarawih bagi Kesehatan Otot dan Sendi
Salat tarawih memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan otot dan sendi. Ini karena saat salat, hampir semua sendi yang ada di tubuh ikut bergerak. Foto/Mushaful Imam
A A A
JAKARTA - Salat tarawih memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan otot dan sendi yang sayang dilewatkan. Ini karena saat salat, hampir semua sendi yang ada di tubuh ikut bergerak.

Dengan bergeraknya seluruh sendi, maka salat tarawih bisa mengurangi terjadinya kaku sendi. Salat sunah di bulan Ramadan ini sendiri memiliki jumlah rakaat yang lebih banyak dibandingkan salat lima waktu.

“Jadi pada saat salat, setiap gerakan salat itu sendi lutut akan bergerak, sendi panggul akan bergerak, sendir bahu, punggung dan semuanya akan bergerak,” kata Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Yohannes Toban Layuk Allo, M.Kes, Sp.OT (K) baru-baru ini.





“Di sini fungsinya adalah mengurangi risiko stiffness atau kaku sendi,” sambungnya.

Oleh karenanya, salat tarawih sangat baik untuk orang-orang yang bekerja setiap harinya hanya duduk dan menghadap komputer. Apalagi jika selama bekerja, jarang melakukan peregangan otot.

“Orang-orang yang hanya menghabiskan waktu untuk duduk depan komputer, lehernya nggak pernah digerakin, dan jarang berdiri itu rentan untuk mengalami kaku otot dan kaku sendi yang membuat otot jadi pegal-pegal,” jelasnya.



Gerakan yang dilakukan dalam salat tarawih, disebut dr. Toban setara dengan melakukan peregangan otot dengan rutin. Maka dari itu, jika Anda seringkali lupa untuk meregangkan otot-otot ketika bekerja, selama bulan Ramadan ini bisa dibantu dengan salat tarawih untuk merelaksasi otot.

“Dengan banyak gerakan, tidak harus hanya dengan salat. Misalnya pada saat bekerja, Anda mengambil waktu setiap dua jam untuk melakukan peregangan,” ujarnya.

“Nah gerakan itu kurang lebih sama dengan gerakan yang dilakukan selama salat,” pungkasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2872 seconds (0.1#10.140)