Rayakan Adat Tradisi, Bupati Halbar Hadiri Ritual Horom Sasadu

Selasa, 25 September 2018 - 13:53 WIB
Rayakan Adat Tradisi, Bupati Halbar Hadiri Ritual Horom Sasadu
Rayakan Adat Tradisi, Bupati Halbar Hadiri Ritual Horom Sasadu
A A A
JAILOLO - Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy menghadiri ritual Horom Sasadu (Makan Adat) di Desa Loce Kecamatan Sahu Timur, Senin (24/9/2018) malam.

Horom Sasadu atau Makan Adat dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas berkat yang diterima dari Sang Pencipta kepada petani saat panen melimpah. Harom Sasadu dilaksanakan setiap tahun setelah selesai panen. Ritual Horom Sasadu dilaksanakan selama 9 hari 9 malam, atau 7 hari 7 malam, atau 5 hari 5 malam, atau 3 hari 3 malam, atau sehari semalam, tergantung hasil musyawara tetua adat dan hasil panen yang diperoleh.

Terdapat tiga keunikan dari Horom Sasadu, yaitu selama berpesta mereka tidak pernah mengantuk walaupun tidak tidur, tidak pernah kenyang walaupun makan terus menerus dan tidak pernah mabuk.

Terbukti sepanjang ritual Horom Sasadu berlangsung tidak pernah terjadi perkelahian. Tradisi Horom Sasadu mengandung nilai persekutuan dan kerjasama (gotong royong). Bagi masyarakat Suku Sahu ritual Horom Sasadu begitu penting. Bila tidak dilaksanakan dipercaya tidak akan membawa rejeki bagi kehidupan masyarakat atau petani.

"Pelestarian adat adalah salah satu program untuk tetap dilaksanakan, oleh karena itu setiap desa saya perintahkan untuk bangun rumah adat sebagai bentuk ciri khas budaya dan bentuk jati diri kita sebagai orang Halbar," kata Danny saat menyampaikan sambutan.

Danny menambahkan, ada tujuh suku yang saat ini memperkaya keragaman di Halbar, sehingga pada saat pelaksanaan even Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2019 mendatang, tujuh suku akan diundang dan memperkenalkan adat istiadat yang dimiliki.

"Dalam pengembangan budaya ke depan, setiap sesajian baik makanan dan minuman harus disajikan menggunakan barang barang tradisional, sehingga terlihat alami dan menyentuh langsung dengan nilai budaya yang selama ini di junjung tinggi," ujar Danny.

Selain Bupati Danny Missy, ritual Horom Sasadu dihadiri Ketua Adat Suku Sahu Robinson Missy, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku Rusli Manorek, Pimpinan SKPD serta perwakilan ketua adat dan pemangku adat di masing masing desa yang terdapat di Halbar.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3755 seconds (0.1#10.140)