alexametrics

Posko Pemadam Kebakaran Gunung Sumbing-Sindoro Resmi Ditutup

loading...
Posko Pemadam Kebakaran Gunung Sumbing-Sindoro Resmi Ditutup
Posko bersama antisipasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan Gunung Sumbing dan Sindoro resmi ditutup menyusul tidak adanya titik api lagi. iNewsTV/Taufik Budi
A+ A-
WONOSOBO - Posko bersama antisipasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan Gunung Sumbing dan Sindoro resmi ditutup menyusul tidak adanya titik api lagi. Operasi pemadaman selama sekitar dua pekan dan guyuran hujan beberapa hari terakhir telah memadamkan seluruh kobaran api.

Penutupan posko dilakukan di Basecamp Sumbing Pala Butuh dengan dihadiri sejumlah pejabat instansi terkait termasuk jajaran Polri dan TNI. Sedikitnya terdapat 280 personel gabungan yang turut dalam operasi tersebut.



“Sore ini dilakukan penutupan posko bersama. Ada pejabat Pemda Wonosobo, kapolres, dan dandim yang hadir dalam penutupan posko ini,” ujar Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, kepada awak media, Senin (24/9/2018).

Menurut dia, dengan ditutupnya posko bersama itu maka seluruh personel yang diterjunkan akan kembali ditarik ke satuan masing-masing. Personel TNI dan Polri yang dilibatkan dalam operasi tersebut masing-masing berjumlah 20 orang.

Selain itu, juga terdapat penambahan personel dari Perhutani, BPBD, tim SAR, serta sejumlah elemen masyarakat lainnya. “Nanti setelah penutupan, seluruh personel akan kembali ke satuan masing-masing,” tukasnya.

Petugas juga telah menghitung luasan kawasan hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Sumbing. Gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki itu secara administratif berlokasi di tiga daerah, yakni Temanggung, Wonosobo, dan Magelang.

“Untuk Gunung Sumbing yang ikut wilayah Wonosobo dan terbakar hanya 221,6 hektare. Itu hasil penghitungan terakhir dari Perhutani,” cetusnya.

Sebelumya diberitakan, kebakaran melanda kawasan hutan di Gunung Sumbing dan Sindoro dengan luasan mencapai 892,5 hektare. Rinciannya adalah untuk Gunung Sumbing mencapai 506,9 hektare, sedangkan Gunung Sindoro yakni 385,6 hektare.

Sementara terkait kerugian material, diperkirakan menembus angka Rp133.860.000. Untuk rincian kerugian masing-masing adalah Rp76.035.000 di Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro mencapai Rp57.825.000.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak