alexametrics

Sebelum Dikeroyok, Haringga Suporter Persija Terkena Sweeping KTP oleh Bobotoh

loading...
Sebelum Dikeroyok, Haringga Suporter Persija Terkena Sweeping KTP oleh Bobotoh
Tampak jenazah Haringga saat tiba di rumah duka di Indramayu, Jawa Barat. iNews TV/Toiskandar
A+ A-
BANDUNG - Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung mendapatkan fakta sebelum korban Haringga Sirila (23) tewas dianiaya sejumlah oknum bobotoh di area parkir gerbang biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Minggu 23 September 2018.  

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana Marzuki mengatakan, sebelum peristiwa tragis penganiayaan yang menyebabkan Haringga meninggal dunia, korban Haringga seorang diri datang dari Jakarta ke Bandung untuk menonton pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion GBLA Kota Bandung.

Sesampainya di Bandung, kata Yoris, korban dijemput oleh rekannya. Kemudian keduanya berangkat bersama menggunakan sepeda motor. Nahas, di stadion, dia terkena sweeping kartu tanda penduduk (KTP) yang dilakukan oleh sejumlah bobotoh. Dari situ diketahui korban merupakan warga Cengkareng, Jakarta Barat.

Kemudian, kata Yoris, para oknum bobotoh yang melakukan sweeping meneriakan kata-kata The Jak dan menunjuk ke korban. Korban pun lari dan berusaha menyelamatkan diri. Namun massa terus mengejar dan akhirnya korban Harringga jadi bulan-bulanan kelompok bobotoh. Padahal saat kejadian, korban tak mengenakan atribut suporter apapun.

"Korban langsung dikeroyok, hingga akhirnya korban meninggal di lokasi kejadian. Anggota bergerak cepat melakukan penyelidikan dan mengamankan 16 orang. Delapan orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Yoris di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

Kasatrekrim memastikan, pihaknya akan mengejar pelaku sweeping KTP di depan stadion GBLA.

"Untuk pelaku yang sweeping KTP masih kami kejar. Kami akan mendalami video amatir dan CCTV sebelum dan saat pengeroyokan terjadi. Dalam kesempatan ini, kami menyatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga arwah almarhum diterima Allah SWT. Untuk keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," pungkas dia. 
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak