alexametrics

Nikmati Sensasi Kuliner Dipadu dengan Alam di Taman Sungai Sumber Biru Jombang

loading...
Nikmati Sensasi Kuliner Dipadu dengan Alam di Taman Sungai Sumber Biru Jombang
Jika ingin menikmati sensasi lain dari wisata kuliner yang dipadu dengan alam, mungkin bisa mencoba mengunjungi Taman Sungai Sumber Biru di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Foto SINDOnews/Tritus J
A+ A-
JOMBANG - Jika ingin menikmati sensasi lain dari wisata kuliner yang dipadu dengan alam, mungkin Anda bisa mencoba mengunjungi Taman Sungai Sumber Biru di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Wisata model baru ini mulai banyak digemari wisatawan.
Nikmati Sensasi Kuliner Dipadu dengan Alam di Taman Sungai Sumber Biru Jombang

Taman Sungai Sumber Biru berada di lereng pegunungan, tepatnya di Dusun Ngembak, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. Wisata yang baru berumur tiga bulan ini sudah banyak menyedot perhatian wisatawan dari berbagai kota. Selain keunikannya, lokasi wisata di pedesaan itu juga menjadi area swafoto yang cukup bagus. Meski lokasinya cukup jauh dari perkotaan, wisatawan rela untuk mencoba sensasinya.
Nikmati Sensasi Kuliner Dipadu dengan Alam di Taman Sungai Sumber Biru Jombang

Di lahan seluas sekitar 1 hektare kawasan hutan, kita akan disuguhi berbagai spot unik untuk berswafoto. Terlihat miniatur kapal dan bangku love menjadi favorit wisatawan untuk mengabadikan gambar. Tak lupa, wisatawan tak akan melewatkan momen berfoto di warung air. Di warung ini, wisatawan bisa menikmati makanan dan minuman di tengah sungai dengan airnya yang jernih.

Untuk menikmati sensasi ini, wisatawan harus rela bertelanjang kaki. Mereka bisa menikmati sejumlah menu makanan dan minuman khas pedesaan di atas bangku kayu dengan lantai air mengalir. Tentu saja, sensasi ini cukup untuk dan patut untuk dicoba. Terlebih, segarnya air sumber yang berasal dari hutan itu terasa dingin dengan hawa sejuknya.

Tak cukup di situ, menikmati kuliner pedesaan di lokasi ini, wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan hutannya. Lokasi ini berada di tengah-tengah hutan dengan tanaman beragam. Diantaranya pohon durian, kopi dan kakao. Ditambah lagi sejumlah bunga-bunga dengan warna yang cantik. Kupu-kupu beragam jenis juga kerap menemani wisatawan saat makan.
Nikmati Sensasi Kuliner Dipadu dengan Alam di Taman Sungai Sumber Biru Jombang

Untuk menikmati wisata baru ini, pengunjung tak perlu merogoh kocek cukup dalam. Tiket yang dipatok pengelola sangat murah, Rp3.000 per orang. Makanan dan minuman tradisional yang disajikan juga cukup terjangkau. Kita bisa menikmati Nasi Jagung dan beberapa makanan olahan dari hasil kebun warga. Wisatawan juga bisa menikmati beberapa spot untuk berswafoto secara gratis.



Tak hanya disukai wisatawan yang sudah berumur saja, sensasi makan dan minum di tengah sungai ini juga digemari anak-anak. Setelah makan, mereka bisa sepuasnya bermain air nan jernih. Berbasah-basah menjadi ciri khas berwisata di sini. Selebihnya, mereka juga bisa melihat pemandangan hutan yang cukup membuat mata segar.

Laili Rusdiana, salah satu pengunjung asal Mojokerto mengaku, beberapa waktu lalu ia baru mengetahui wisata Taman Sungai Sumber Biru dari media sosial. Karena itulah, ia penasaran untuk mencoba merasakan sensasinya.

”Asyik juga makan dan minum di tengah-tengah sungai yang jernih dengan bertelanjang kaki,” ujar Diana.

Menurutnya, menikmati wisata baru ini cukup memuaskan meski untuk menuju lokasi, wisatawan harus rela menempuh perjalanan yang lumayan panjang dari Kota Jombang.

Terlebih, beberapa titik jalur menuju lokasi, kondisi jalannya masih berupa jalan berbatu yang cukup sempit. ”Tapi bisa terbayar saat kita sudah berada di lokasi wisatanya,” tukasnya.

Miko, salah satu pengelola Taman Sungai Sumber Biru mengungkapkan, lokasi ini baru dibuka Lebaran lalu. Wisata ini dikelola oleh warga dan merupakan inisiatif dari warga pula untuk memanfaatkan sumber daya alam di desa tersebut. ”Karena warga yang mengelola, hasilnya juga bisa dinikmati warga sendiri,” ujar Miko.

Meski baru tiga bulan dibuka, taman Sungai Sumber Biru mulai banyak didatangi wisatawan. Di hari libur, pengunjung mencapai ratusan orang. Ia yakin, wisata ini akan terus mendapatkan perhatian dari wisatawan.

”Karenanya, kita terus mengembangkan lokasinya untuk membuat spot-spot baru. Wisata ini ramai, ekonomi masyarakat sekitar juga ikut terangkat,” paparnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak