Banjir Terjang Indramayu, Permukiman Padat Penduduk Terendam

Kamis, 14 Maret 2024 - 14:48 WIB
loading...
Banjir Terjang Indramayu, Permukiman Padat Penduduk Terendam
Hujan deras yang mengguyur Indramayu, Jawa Barat sejak Selasa (12/3/2024) siang hingga Kamis (14/3/2024) siang menyebabkan banjir di sejumlah lokasi. Foto/MPI/Andrian Supendi
A A A
BANTEN - Hujan deras yang mengguyur Indramayu, Jawa Barat sejak Selasa (12/3/2024) siang hingga Kamis (14/3/2024) siang menyebabkan banjir di sejumlah lokasi.

Salah satu lokasi yang terpantau banjir berada di Blok Centeng, Desa Dermayu, Kecamatan Sindang. Di kawasan tersebut banjir mencapai ketinggian 50 centimeter merendam permukiman padat penduduk.


Selain itu, banjir juga sempat merendam Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Karanganyar dan menyebabkan sejumlah kendaraan mengalami mati mesin.



Eti Purwanti (42), warga Desa Dermayu mengatakan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi tersebut mulai terjadi sejak pukul 03.30 WIB dini hari tadi, hingga masuk ke dalam rumah.

"Banjir dari pukul 03.30 WIB dini hari, airnya udah masuk ke dalam (rumah), banjir karena hujan, hujannya itu tidak berhenti-henti jadi air pada masuk semua," kata dia.

Siti menuturkan, banjir di desanya itu selalu terjadi setiap tahun. Selain karena curah hujan yang tinggi, lokasi wilayah yang rendah dan buruknya drainase juga menjadi penyebab terjadinya banjir.



"Di sini banjir sering, kalau hujannya gak berhenti-henti pasti banjir, setiap tahun sekali. Air baru surut setelah dua hari, itu juga kalau gak hujan," tutur dia.

Selain di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang, banjir akibat tingginya curah hujan juga terjadi di Desa Totoran dan Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan. Di sana banjir merendam sejumlah rumah penduduk dan halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Totoran.

"Di sini terjadi banjir dengan ketinggian setengah betis, dikarenakan aliran drainase yang rusak," ujar Camat Pasekan, Dedeh Nurjanah, saat meninjau lokasi banjir di Desa Karanganyar.

Dalam hal ini, Dedeh menambahkan, pihaknya akan segera mencari solusi untuk mengatasi banjir yang terjadi di wilayahnya tersebut.

"Mudah-mudahan banjir cepat surut dan kita bisa mencari solusinya untuk kebaikan bersama," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)