6 Jurusan Kuliah yang Lulusanya Dibutuhkan Kementerian Keuangan, Ini Bocorannya

Kamis, 14 Maret 2024 - 12:49 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Lulusanya Dibutuhkan Kementerian Keuangan, Ini Bocorannya
Salah satu jurusan yang lulusannya dibutuhkan Kemenkeu adalah perpajakan dimana prodi ini mempelajari materi yang berhubungan dengan hak wajib pajak seseorang maupun badan atau perusahaan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 6 jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bekerja dan memiliki karier di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) adalah impian bagi banyak orang.

Persoalannya tidak semua jurusan kuliah lulusannya bisa berkarier di kementerian yang saat ini dipimpin Sri Mulyani ini. Dikutip dari masuk-ptn.com, artikel berikut akan membahas daftar 6 jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan Kemenkeu, simak ya!

6 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Kemenkeu


1. Akuntansi


Jurusan pertama yang dibutuhkan di Kemenkeu adalah Akuntansi. Dapat dibuktikan dengan dibukanya seleksi CPNS dan PPPK untuk jurusan Akuntansi. Jurusan ini banyak mempelajari materi yang berkaitan dengan pencatatan dan penyusunan laporan yang berhubungan dengan keuangan.

2. Perpajakan


Jurusan Perpajakan mempelajari materi yang berhubungan dengan hak wajib pajak seseorang maupun badan atau perusahaan. Dalam Kemenkeu jurusan Perpajakan sangat dibutuhkan, karena segala hal yang berhubungan dengan pajak akan sangat mengikat di masyarakat.

3. Manajemen


Jurusan Manajemen sangat dibutuhkan dalam Kemenkeu, karena jurusan ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pengelolaan dan perencanaan di suatu instansi atau lembaga.


4. Hukum


Jurusan Hukum menjadi salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan di Kemenkeu karena mempelajari tentang Undang-Undang kenegaraan, hingga konstitusi. Meskipun tidak berhubungan dengan bidang ekonomi namun dalam Kemenkeu, jurusan ini memiliki tugas penting untuk menganalisis berkas pemanggilan di Kemenkeu.

5. Teknik Informatika


Jurusan Teknik Informatika mempelajari tentang ilmu komputer, dan menganalisis secara sistematis segala hal yang berhubungan dengan perangkat lunak (software). Jurusan ini sangat dibutuhkan di departemen keuangan untuk merancang sistem aplikasi dan database di Kemenkeu.

6. Perpustakaan


Jurusan Perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara mengelola dan mengkomunikasikan segala informasi. Ilmu Perpustakaan dibutuhkan di Kemenkeu sebagai bidang untuk mengumpulkan pajak maupun Bea Cukai untuk diarsipkan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)