Menpar Launching Pilot Project Pariwisata di Danau Toba

Kamis, 20 September 2018 - 16:59 WIB
Menpar Launching Pilot Project Pariwisata di Danau Toba
Menpar Launching Pilot Project Pariwisata di Danau Toba
A A A
HUMBANG HASUNDUTAN - Menteri Pariwisata (Menpar), ‎Arief Yahya me-launching pilot project sektor pariwisata di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbahas berbatasan dengan Desa Janji Raja, Kabupaten Bakti Raja, Kabupaten Samosir, Sumut, Kamis (20/9/2018).

Pilot Project sektor pariwisata ini dilakukan untuk menumbuhkan kewirausahaan pada homestay dan tourist guide di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut). ‎"Salah satu prioritas yang didorong dan mempunyai potensi untuk meningkatkan value added tinggi adalah Sektor Pariwisata," terang Arief.

‎Arief Yahya menjelaskan dengan penumbuhan wirausaha, Pemerintah Indonesia membuat pilot project penumbuhan kewirausahaan pada Homestay dan Tourist Guide di Humbang Hasundutan. Dia menilai dengan Homestay dan Tourist Guide, kewirausahaan dapat dibangun dengan membutuhkan modal yang tidak terlalu besar sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat didorong menjadi wirausaha dan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar lebih baik.

Menpar mengungkapkan, ‎Kabupaten Humbang Hasundutan dipilih sebagai Pilot Project, selain dikarenakan berlokasi di Danau Toba yang merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, juga mempunyai potensi pariwisata yang besar.

Antara lain, Danau Toba yang dijuluki 'Monaco of Asia', Geopark Kaldera Toba yang saat ini dalam proses mendapatkan penghargaan UNESCO dalam bidang geologi, biologi, dan kebudayaan. Sipinsur merupakan puncak vegetasi Tanaman Pinus.

Kemudian ‎air terjun Janji yang merupakan salah satu air terjun di Kawasan Danau Toba sebagai tempat para Raja-raja Batak terdahulu berikrar atau berjanji dalam kesetiaan di masa perang, dan objek wisata budaya lainnya.

Arief menuturkan salah satu prioritas yang didorong dan mempunyai potensi untuk meningkatkan value added tinggi adalah sektor pariwisata. Sektor ini tidak hanya akan dapat meningkatkan devisa nasional, juga mempunyai kemampuan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Saat ‎acara tersebut disampaikan juga bantuan dan pinjaman dana bagi pelaku wirausaha dan masyarakat setempat untuk pengembangan kewirausahaan sektor pariwisata di kawasan Danau Toba.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4650 seconds (0.1#10.140)