Kisah Raden Wijaya dan Tentara Tartar Lumpuhkan Kerajaan Kediri dalam 20 Hari

Kamis, 14 Maret 2024 - 07:34 WIB
loading...
Kisah Raden Wijaya dan Tentara Tartar Lumpuhkan Kerajaan Kediri dalam 20 Hari
Pasukan dari Raden Wijaya, pasukan Arya Wiraraja dari Madura, dan Pasukan Tartar lumpuhkan Kerajaan Kediri selama 20 hari. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
Penaklukkan Kerajaan Kediri di bawah pemerintahan Jayakatwang konon memerlukan waktu sebulan saja. Saat itu tiga gabungan pasukan dari Raden Wijaya, pasukan Arya Wiraraja dari Madura, dan Pasukan Tartar China menjadi kekuatan menakutkan bagi Kediri.

Konon Pada bulan ketiga tahun 1293, setelah seluruh pasukan berkumpul di mulut Sungai Kali Mas, penyerbuan ke Kerajaan Daha bentukan Jayakatwang mulai dilancarkan. Kekuatan Kerajaan Kadiri di sungai tersebut dapat dilumpuhkan.

Di Sungai Kali Mas ini lebih dari 100 kapal berdekorasi kepala raksasa milik Kerajaan Kediri, dapat disita. Sementara seluruh prajurit dan pejabat yang mempertahankannya melarikan diri untuk bergabung dengan pasukan induknya.



Hal itu dikutip dari "Sandyakala di Timur Jawa 1042 - 1527 M : Kejayaan dan Keruntuhan Kerajaan Hindu dari Mataram Kuno hingga Majapahit".

Peperangan besar baru terjadi pada hari ke-15 atau 20 Maret 1293 menurut berita China, bila dihitung semenjak pasukan Mongol mendarat dan membangun kekuatan di muara Kali Mas.

Dimana bala tentara gabungan Mongol dengan Raden Wijaya berhasil mendesak dan mengalahkan pasukan Kadiri atau Kediri yang menyongsong mereka.

Kekalahan ini menyebabkan sisa pasukan kembali melarikan diri untuk berkumpul di Daha, ibu kota Kadiri. Pasukan Ike Mese, Kau Hsing, dan Raden Wijaya melakukan pengejaran dan berhasil memasuki Daha beberapa hari kemudian.

Pada hari ke-19 terjadi peperangan yang sangat menentukan bagi Kerajaan Kadiri.Berkekuatan sekitar 10.000 pasukan Kediri berusaha mempertahankan istana kerajaan di bawah Jayakatwang sang penguasanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)