alexametrics

Santap Makanan di Acara Posyandu, Puluhan Warga Keracunan

loading...
Santap Makanan di Acara Posyandu, Puluhan Warga Keracunan
Diduga keracunan makanan, puluhan warga Kampung Mulyo Rejo, Loano Sorosutan Umbulharjo di larikan ke rumah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wirosaban Yogyakarta. SINDOnews/ Ainun
A+ A-
YOGYAKARTA - Diduga keracunan makanan, puluhan warga Kampung Mulyo Rejo, Loano Sorosutan Umbulharjo di larikan ke rumah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wirosaban Yogyakarta. Hingga saat ini petugas kepolisian dan petugas dari Dinas Kesehatan Yogyakarta masih menyelidiki penyebab keracunan.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo menyebut warga mengalami gejala pusing, muntah-muntah dan diare. Gejala ini muncul setelah mereka menyantap makanan yang disajikan dalam sebuah acara di Balai RW setempat, pada Selasa (18/9/2018) sore. Ada 40 warga yang langsung dilarikan ke RSUD Wirosaban. Hingga Rabu (19/9/2018) sore masih ada warga yang di rawat di rumah sakit tersebut.

Ada sekitar 50 orang warga yang mengikuti kegiatan Posyandu yang diadakan rutin setiap bulan. Dalam kegiatan itu disajikan berbagai menu seperti nasi soto, kacang ijo, buah dan telur. "Para korba ini mulai masuk rumah sakit sejak Rabu dinihari. Keluhannya mual, pusing dan muntah," jelas Alal.

Setelah mendapatkan penanganan tim medis hingga pagi Kamis (20/9/2018) siang kondisi seluruh warga sudah membaik. Mereka yang awalnya datang dengan kondisi lemas saat ini sudah sehat kembali. Mereka sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Untuk menyelidiki kasus ini petugas telah mengumpulkan sampel sisa makanan yang disantap warga untuk dilakukan uji laboratorium guna mengetahui penyebab keracunan itu. Hingga Kamis siang ini hasil laboratorum belum diketahui. "Penyebabnya masih diselidiki," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak