Rangkul 5 Pemda, PLN Targetkan Kepulauan Nias Terang 2019

Rabu, 19 September 2018 - 14:52 WIB
Rangkul 5 Pemda, PLN Targetkan Kepulauan Nias Terang 2019
Rangkul 5 Pemda, PLN Targetkan Kepulauan Nias Terang 2019
A A A
GUNUNG SITOLI - PT PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara (Sumut) merangkul lima Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menargetkan Kepulauan Nias terang-benderang pada 2019.

PLN terus merangkul seluruh stakeholder untuk mewujudkan Nias terlistriki 100 persen. Kerja sama ini merupakan wujud kerja nyata PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta pengawasan dan pengamanan penggunaaan tenaga listrik di Pulau Nias.

GM PT PLN (Persero) Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto mengatakan Nias sebagai salah satu pulau di Nusantara dengan keindahan situs pariwisatanya konon menyaingi Pulau Bali ini kini dijadikan prioritas utama dalam peningkatan rasio elektrifikasi.

Pulau dengan keindahan tepi laut yang tidak kalah dari Bali dan Lombok ini masih memerlukan peningkatan rasio elektrifikasi yang tinggi agar seluruh penduduk Pulau Nias dapat memiliki kesempatan sama untuk membuka peluang pariwisata dengan kondisi kelistrikan mumpuni.

"Dengan kapasitas daya mampu 56,4 MW, Nias saat ini memiliki Beban Puncak (BP) rata-rata sebesar 31,5 MW, dengan panjang jaringan tegangan menengah 8.603,01 kms dan tegangan rendah 1,413.77 kms, serta jumlah Gardu Induk 70 kV sebanyak 2 buah, terletak di Gunungsitoli dan Teluk Dalam, dengan kapasitas Trafo Daya 2x30 MVA,” papar Feby Joko Priharto saat Seminar Kelistrikan dan penandatanganan MoU di Kantor Bupati Nias, Selasa (18/9/2018).

Kondisi surplus ini tentunya sangat mendukung PLN dan Pemda, serta seluruh stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Pulau Nias. Menurut Feby, saat ini rasio elektrifikasi Pulau Nias adalah sebesar 51.38%, dengan jumlah pelanggan sebanyak 90.456 pelanggan serta jumlah desa berlistrik sebanyak 669 desa atau sama dengan 70% dari total jumlah desa di Pulau Nias sebanyak 950 desa.

Dalam mewujudkan Nias Terang 2019 ini, PLN melalui MoU Nias Terang 2019 ini, didukung penuh oleh lima Pemerintah Daerah, yaitu Pemerintah Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat serta Pemerintah Kota Gunungsitoli. Dengan MoU ini, implementasi utama yang dilakukan adalah dibentuknya 'Tim Terpadu' , yang merupakan regu atau kelompok terdiri dari pihak PLN dan Pemda untuk melaksanakan tujuan, visi dan misi dari MoU tersebut.

Acara penandatangan MoU yang disertai Seminar Kelistrikan ini juga turut dihadiri Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kapolres Nias, Dandim dan Departemen Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara (DTE USU), sebagai pemateri dan narasumber demi terwujudnya program Nias Terang 2019 ini.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4533 seconds (0.1#10.140)