BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Suhu Panas di Medan

Rabu, 13 Maret 2024 - 16:00 WIB
loading...
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Waspada Suhu Panas di Medan
BMKG mengeluarkan peringatan waspada suhu panas di wilayah Kota Medan dan sekitarnya. Foto/Istimewa
A A A
MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan waspada suhu panas di wilayah Kota Medan dan sekitarnya.Hal itu diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah I Medan BMKG, Hendro Nugroho.

Menurut dia, dalam beberapa hari terakhir, 10-12 Maret 2024, Sumatera Utara dilanda suhu panas. Berdasarkan data pengamatan temperature tanggal 12 Maret 2024 di beberapa Stasiun BMKG di Sumatera Utara tercatat suhu udara maksimum 36.2 derajat Celcius.

Berdasarkan analisa pola angin pada tgl 12 Maret 2024 pukul 07.00 wib dan 19.00 wib menunjukkan angin baratan yang cukup kuat dan bersifat divergen (menyebar) di wilayah Sumatera Utara sehingga menyebabkan sulitnya pertumbuhan awan di wilayah tersebut.



”Pantauan citra radar pada tanggal 12 Maret 2024 menunjukkan tidak ada pertumbuhan awan dari pagi hingga malam hari. Sedangkan utk kondisi suhu permukaan laut di pantai barat Sumatera dan Selat Malaka relatif cukup hangat berkisar 30-32 derajat Celcius,” kata Hendro.

Hendro lebih lanjut mengatakan, berdasarkan pantauan udara pada tanggal 13 Maret 2024, angin di lapisan 925 200 mb cukup kencang, yakni 1-39 knot dan kelembapan udara cukup kering 1 74 YRH. Sehingga pertumbuhan awan cukup sulit terbentuk di Kota Medan.

Dalam beberapa hari ke depan diperkirakan pola cuaca hampir sama dengan hari ini. Mengingat cuaca cukup panas.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran, mengurangi kegiatan di luar rumah, perbanyak konsumsi air putih dan buah.

Mengingat cuaca bersifat dinamis, kata Hendro, masih berpotensi terjadinya gangguan gangguan cuaca di wilayah barat Sumatera yang dapat menyebabkan kondisi cuaca kembali cukup labil yang dapat berubah sewaktu waktu.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)