2 Rumah Ludes Terbakar, Belasan Burung Mati Terpanggang

Selasa, 18 September 2018 - 10:57 WIB
2 Rumah Ludes Terbakar, Belasan Burung Mati Terpanggang
2 Rumah Ludes Terbakar, Belasan Burung Mati Terpanggang
A A A
SEMARANG - Dua rumah warga beserta seluruh isinya ludes terbakar akibat amukan si jago merah saat warga masih terlelap tidur di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Peristiwa itu juga mengakibatkan 15 ekor burung peliharaan turut mati terpanggang.

Peristiwa kebakaran itu awalnya diketahui Gunawan (23), warga Dusun Kwagean, RT 26/6, Desa Sugihan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, saat terbangun untuk menunaikan Salat Subuh. Ketika menuju kamar mandi, dia melihat api di atap rumah korban dan seketika berteriak minta tolong.

Api dengan cepat berkobar di rumah Sudiharjo (54) dan Muhammad Ridoi (37) yang berdekatan dengan tempat tinggal saksi. Teriakan saksi di pagi buta itu pun langsung membangunkan warga. Mereka berbondong-bondong datang ke lokasi untuk memberian pertolongan dengan memadamkan menggunakan peralatan seadanya.

“Peristiwa sekitar pukul 04.30 WIB. Warga berdatangan ikut membantu memadamkan api dan membantu mengamankan barang-barang milik korban,” kata Kasubag Humas Polres Semarang, AKP Teguh Susilo Hadi, Selasa (18/9/2018).

Sebagian warga segera melaporkan peristiwa itu kepada polisi untuk diteruskan ke petugas pemadam kebakaran. Namun, kobaran api sulit dikendalikan karena ditiup angin kencang dan banyaknya material rumah yang mudah terbakar.

“Karena api sudah besar dan menjalar ke mana-mana sehingga dua rumah utama korban terbakar habis. Api baru bisa dipadamkan oleh petugas Damkar baru pukul 07.00 WIB. Kerugian selain dua rumah, juga sepeda motor, dan 15 ekor burung peliharaan berbagai jenis besrta sangkarnya,” tambah Teguh.

Polisi mengimbau warga untuk selalu berhati-hati memasuki musim kemarau panjang ini. Sebab, sedikit percikan api bisa memicu terjadinya kebakaran. “Kembali cek kabel-kabel penggunaan listrik, puntung rokok maupun perapian waktu pagi, karena semalam semak dekat kawasan wisata Eling Bening juga terbakar, tapi segera bisa dipadamkan dengan dua mobil pemadam kebakaran,” tandasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5106 seconds (0.1#10.140)