alexametrics

Disdukcapil Blitar Percepat Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

loading...
Disdukcapil Blitar Percepat Perekaman E-KTP Pemilih Pemula
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
BLITAR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Blitar, Jawa Timur, akan melakukan percepatan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula. Hal ini agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2019.

Untuk pemilih yang tepat berusia 17 tahun pada 2019 nanti petugas akan melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. Hal itu mengingat sesuai data adminduk jumlah pemilih pemula Kabupaten Blitar mencapai 24-26 ribu jiwa.

"Kami akan melakukan perekaman di sekolah, yakni baik di Kota maupun Kabupaten Blitar, " ujar Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Pendudukan, Disdukcapil Kabupaten Blitar, Anggo Takdir Hanudji.



Dari data pemilih pemula yang ada tidak sedikit yang sudah memiliki e-KTP. Ada juga yang hanya mengantongi surat keterangan (suket) kependudukan. Namun jumlah yang belum memiliki e-KTP juga cukup besar.

Menurut Anggo, pihaknya hanya melaksanakan instruksi Kementerian Dalam Negeri, yakni pemilih berusia 17 tahun bisa menggunakan haknya pada Pilpres dan Pileg 2019. "Ini untuk melaksanakan instruksi Kemendagri," paparnya.

Disdukcapil Blitar menargetkan perekaman tuntas akhir tahun 2018. Adapun percetakan akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah berharap semua warga, khususnya pemilih pemula bisa menggunakan hak pilihnya. Selain surat undangan, sesuai ketentuannya, pemilih juga diwajibkan menunjukkan e-KTP.

"Harapannya dengan kegiatan perekaman itu tingkat partisipasi pemilu 2019 bisa meningkat," ujarnya.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Blitar saat ini terdata sebanyak 946.044 pemilih. Jumlah ini menyusut setelah KPU, Bawaslu, dan partai politik menemukan adanya ratusan pemilih ganda.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak