Muncul Nama Kaesang Pengarep dan Erina Gudono di Pilkada Sleman, Pengamat: Terlalu Dini

Selasa, 12 Maret 2024 - 16:08 WIB
loading...
Muncul Nama Kaesang Pengarep dan Erina Gudono di Pilkada Sleman, Pengamat: Terlalu Dini
Pengamat menilai munculnya nama Kaesang Pengarep dan Erina Gudono, putra dan menantu Presiden Jokowi muncul dalam bursa calon bupati Sleman terlalu dini. Foto/Instagram Erina Gudono
A A A
YOGYAKARTA - Nama Kaesang Pengarep dan Erina Gudono, putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul dalam bursa calon bupati Sleman. Nama Kaesang muncul dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) sementara Erina Gudono dimunculkan oleh DPC Partai Gerindra Kabupaten Sleman.

Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Zully Qodir mengatakan munculnya nama-nama putera dan menantu Presiden Jokowi di Pilkada Sleman memang masih terlalu dini.



Meski ada sangkut pautnya dengan Presiden Jokowi, namun belum memiliki nilai jual lebih karena tahun depan Jokowi sudah bukan presiden lagi.

"Ya memang ada Pak Jokowi, tetapi kan 2025 sudah tidak jadi presiden lagi," kata dia.

Nama-nama yang ada itu bagi warga Jogja terutama nama Kaesang Pangarep ataupun Erina Gudono belum memiliki elektabilitas lebih. Terutama di kalangan orang senior atau warga negara senior mungkin kurang dikenal.

Namun kalau di kalangan milenial seperti para penggemar sepak bola dan selebritas memang populer. Hanya saja dia menilai kemunculan nama Kaesang ataupun Erina masih terlalu dini.



"Tapi ini agak terlalu cepat ya memunculkan nama mereka jadi calon Bupati Sleman," ujar Zully Qodir.

Dia menganggap terlalu dini karena saat ini masih ada nama petahana Kustini Sri Purnomo yang juga dikabarkan bakal maju lagi. Nama Kustini tidak dipungkiri masih memiliki kharisma kuat terlebih saat ini juga masih menjabat bupati Sleman.

Selain itu, Kustini juga didukung oleh suaminya Sri Purnomo yang merupakan mantan Bupati Sleman dua periode. Meskipun dalam pemilihan DPR RI kemarin tidak mendapatkan suara tinggi, namun nama Sri Purnomo masih kuat di Sleman.

"Nama kustini yang kini masih menjabat Bupati Sleman itu tentu lebih populer daripada Kaesang atau Erina," ujarnya.

Zully Qodir menduga memunculkan nama Kaesang atau Erina Gudono dalam Pilkada di Sleman ini jangan-jangan hanya test on the water atau tes ombak. Munculnya Kaesang atau Erina Gudono itu untuk mengetahui bagaimana respon warga Sleman terhadap nama-nama yang dimunculkan.

Dilihat dari sisi nilai tawar atau nilai jual, nama Kaesang atau Erina memang belum begitu kuat. Kecuali Kaesang adalah anaknya presiden Jokowi. Tetapi semua orang tahu bahwa Jokowi tahun depan tidak lagi menjadi presiden.

Kandidat Bermunculan


Sejumlah nama muncul belakangan ini bakal menjadi calon bupati yang akan berkontestasi dalam Pilkada Sleman. Selain incumbent juga muncul nama-nama baru yang bakal meramaikan bursa pencalonan pemimpin daerah tersebut.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah mengeluarkan hasil survei mereka berkaitan siapa yang bakal maju dalam Pilkada 2024 mendatang di Sleman. Selain petahana Kustini Sri Purnomo ternyata muncul nama putera kedua Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep. Di samping itu juga ada nama Harda Kiswaya dan juga Yuni Astuti.

Kustini Sri Purnomo adalah bupati yang kini masih menjabat dan dia adalah istri dari bupati Sleman sebelumnya, Sri Purnomo. Selain Kaesang yang kini menjabat Ketua Umum PSI, juga muncul mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya. Nama lain yang muncul adalah politisi Yuni Astuti.

Yuni Astuti awalnya adalah anggota DPR RI dari Fraksi PAN, kemudian mengundurkan diri dan pindah menjadi ketua DPW Partai Perindo DIY hingga akhirnya bergabung ke Partai Gerindra beberapa saat sebelum pelaksanaan Pemilihan Anggota Legislatif 2024 kemarin.

Dalam survei yang dikeluarkan oleh LSI akhir Desember 2023 yang lalu, Kustini Sri Purnom masih menduduki pooling paling atas yaitu sebanyak 43,9 %, kemudian Kaesang Pengarep sebanyak 15,0% dan Harda Kiswaya 10,4% disusul oleh Yni Astuti 3,4% dan lainnya 1,6%. Dan yang tidak tahu atau tidak jawab ada 25,7 %.

Sementara Dewan pimpinan cabang Partai Gerindra ternyata juga memunculkan nama menantu dari Presiden Joko Widodo yaitu Erina Gudono. Selain Erina gudono beberapa nama yang juga mereka munculkan diantaranya adalah ketua DPC partai Gerindra kabupaten Sleman HR Sukaptana dan Wisnu Puja Kusuma.

Sukaptana mengaku justru belum mengetahui jika ada nama Kaesang Pangarep dan kader partai Gerindra Yuni Astuti yang muncul dalam survei yang dikeluarkan LSI ini. Namun demikian pihaknya sudah memunculkan beberapa nama untuk bursa calon bupati yang akan datang.

"Ada beberapa nama yang kami munculkam termasuk mbak Erina. Itu nama-nama yang potensial dari partai Gerindra sendiri," ujarnya Jumat (8/3/2024) malam.

Terkait dengan nama Erina Gudono, Sukaptana mengatakan jika nama tersebut muncul dari internal partai Gerindra baik dari pusat maupun di daerah sendiri. Banyak pertimbangan mengapa memunculkan nama Erina Gudono meskipun yang bersangkutan belum memiliki pengalaman di dunia politik.

Sukaptana menambahkan partai Gerindra memang menginginkan untuk mengusung putra daerah untuk bursa calon Bupati Sleman dalam pilkada 2024 mendatang. Seperti diketahui Erina gudono yang merupakan mantu dari Presiden Joko Widodo berasal dari kabupaten Sleman.

" Tetapi kan itu baru nama-nama yang kita usulkan. kan perjalanan masih panjang," terangnya.

Salah satunya adalah perolehan suara dari partai Gerindra yang saat ini hanya 6 kursi di DPRD Sleman. Padahal syarat minimal untuk bisa mengusung sendiri calon Bupati adalah 10 kursi. Oleh karenanya perlu komunikasi dengan partai-partai yang lain untuk mengusung calon Bupati.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0998 seconds (0.1#10.140)