alexametrics

Longsor Tutup Akses Jalan Nasional di Tapanuli Selatan

loading...
Longsor Tutup Akses Jalan Nasional di Tapanuli Selatan
Longsor menutupi badan jalan nasional di Bahung Napa, Lingkungan VI, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut. FOTO/iNews/ZIA NASUTION
A+ A-
TAPANULI SELATAN - Longsor terjadi di badan jalan nasional, tepatnya di Bahung Napa, Lingkungan VI, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut). Akibatnya, dua rumah warga mengalami rudak berat dan akses jalan nasional Terhambat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Dua rumah yang mengalami rusak diketahui milik Zulianus Mendrofa dan Yulianus. Informasi dari pihak pemerintahan setempat, badan jalan yang tertimbun longsor sepanjang 80 meter. Material longsor juga ikut menimbun badan jalan, sehingga tidak bisa dilalui baik mobil maupun sepeda motor.

Peristiwa bencana itu terjadi ketika di daerah tersebut dilanda hujan lebat disertai angin kencang sejak beberapa hari lalu. Selanjutnya, tebing yang berada di pinggir badan jalan ambruk. Parahnya lagi, batang kayu juga ikut di material longsor.

"Akibat hujan, sehingga tebing ambruk dan menutup badan jalan," kata Camat Angkola Sangkunur, Thoir Pasaribu ketika ditemui, Minggu (16/9/2018).

Dia mengatakan, akses jalan untuk sementara dipastikan terhambat menunggu pembersihan. Ditanya tentang dua rumah warga yang tertimbun longsor, Pasaribu menegaskan bahwa, kedua pemilik rumah saat ini mengungsi di tempat tinggal warga lain.

Thoir mengimbau warga di wilayah Bahung Napa untuk meningkatkan kewaspadaannya, karena saat ini sedang terjadi cuaca ekstrem. "Bagi pengendara juga harus ekstra hati-hati untuk melintas," katanya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak