241 Kamar Santri Ponpes Riyadul Awamil Serang Ludes Terbakar

Minggu, 16 September 2018 - 17:16 WIB
241 Kamar Santri Ponpes Riyadul Awamil Serang Ludes Terbakar
241 Kamar Santri Ponpes Riyadul Awamil Serang Ludes Terbakar
A A A
SERANG - Sebanyak 241 kamar santri Pondok Pesantren Riyadul Awamil, Kampung Cangkudu, Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten ludes terbakar. Api diduga berasal dari korsleting listrik dari salah satu kamar.

Pengasuh Pondok Pesantren Riyadul Awamil, Oni Syahroni mengatakan, kejadian kebakaran berlangsung cepat sekira pukul 08.30 WIB. Api langsung membesar karna kamar terbuat dari anyaman bambum.

"Kobong (kamar) di sini sebanyak 241 kamar dan ada 152 santri. Ini terbakar semua," katanya kepada wartawan saat ditemui ditempat kejadian, Minggu (16/9/2018).

Pada saat kejadian sebagian besar santri berada di dalam kamar sedang beristirahat. Sesaat sebelumnya melaksanakan pengajian pagi. "Santri pada kaget. Langsung keluar. Semua barang santri ikut terbakar. Termasuk kitab," katanya.

Menurutnya, api membakar semua fasilitas pondok. Pakaian dan barang-barang lainnya. Habis terbakar. Pemadam kebakaran (Damkar) tiba setelah semua terbakar. "Rumah Alhamdulillah tidak terbakar. Hanya ada sedikit pada bagian atap," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Nana Sukmana Kusuma melalui rilisnya mengatakan, pihaknya menurunkan bantuan damkar sekitar pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Kobaran api di sekitar kejadian berhasil dipadamkan.

Pantauan di lokasi usai kejadian, ratusan santri dan warga sekitar bahu-membahu membersihkan puing-puing bekas kejadian. BPBD Provinsi mendirikan posko pengungsian untuk penginapan sementara santri.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3598 seconds (0.1#10.140)