alexametrics

Angin Kencang, Petak 20 Gunung Sumbing Makin Membara

loading...
Angin Kencang, Petak 20 Gunung Sumbing Makin Membara
Tiga titik api terpantau di Petak 20 Gunung Sumbing wilayah Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (16/9/2018). FOTO/iNews/TAUFIk BUDI
A+ A-
WONOSOBO - Api yang membakar kawasan hutan di Gunung Sumbing, Jawa Tengah makin membara karena tertiup angin kencang. Setidaknya terpantau tiga titik api di Petak 20 wilayah Temanggung yang terlihat dari kepulan asap pekat dari lereng gunung.

"Situasi puncak Sumbing cerah, dan angin cukup kencang. Di Petak 20 wilayah Temangung terlihat api membara dengan kepulan asap cukup besar," kata Kabag Ops Polres Wonosobo Kompol Sutomo, Minggu (16/9/2018).

Dia menambahkan, kepulan asap juga terlihat di Petak 23 yang merupakan perbatasan antara Temanggung dan Wonosobo. Diduga kepulan asap itu merupakan sisa kebakaran kemarin dan menyala kembali.

"Rencananya hari ini Tim Penanggulangan Kebakaran Hutan akan naik kembali ke Petak 23, untuk mengecek lokasi sekaligus melakukan pemadaman dan penyekatan api agar tak semakin menyebar," katanya.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, juga membenarkan kebakaran hutan di Gunung Sumbing kembali membesar. Tiupan angin kencang membuat api kian tak terkendali.

Menurutnya, upaya pemadaman dilakukan dari darat dan udara. Petugas gabungan yang melakukan pemadaman secara manual di darat dengan cara memukul api menggunakan kayu dan dedaunan. Sementara pemadaman dari udara dengan mengerahkan helikopter untuk melakukan water bombing. (Baca juga: BNPB Kerahkan Helikopter Kamov Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing)
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak