Honorer di Gunungkidul Bakal Dapat Gaji Setara UMR

Sabtu, 15 September 2018 - 15:35 WIB
Honorer di Gunungkidul Bakal Dapat Gaji Setara UMR
Honorer di Gunungkidul Bakal Dapat Gaji Setara UMR
A A A
GUNUNGKIDUL - Ribuan guru tidak tetap di Gunungkidul boleh bernafas lega. Pasalnya, gaji mereka bakal setara dengan Upah minimum Regional (UMR). Dimana dari upah GTT yang sebelumnya hanya Rp 200 ribu sebulan, bakal naik menjadi Rp 1.250. 000 setiap bulannya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan, pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk insentif bahi GTT tersebut. Saat ini peraturan bupati masih dibahas dan rencananya tahun depan akan diberikan. "Anggaran akan kami masukkan APBD murni," terangnya kepada wartawan, Sabtu (15/9).

Dijelaskannya, meski pun anggaran telah disiapkan, namun pihaknya memberikan beberapa syarat berkaitan dengan nama penerima insentif tersebut. Diantaranya berkaitan dengan masa kerja, SK pengangkatan dan kesesuaian ijazah. "Kita siapkan semuanya, namun memang tidak semua bisa menerima karena ada syarat," bebernya.

Sementara ketua Forum Tenaga Honorer Sekolah Negeri Indonesia Gunungkidul Aris Wijayanto menyambut baik rencana tersebut. Pihaknya mengaku berjuang sejak lama untuk memperjuangkan nasib GTT dan PTT di Gunungkidul. "Bahkan ikut studi banding DPRD Gunungkidul kami lakukan. Dan kami bersyukur dengan komitmen tersebut," ucapnya.

Dijelaskan, nasib GTT di Gunungkidul yang jumlahnya mencapai lebih dari 2 ribu memang menyedihkan. Mereka berjuang sekuat tenaga dengan insentif yang jauh dari standar. "Sebulan hanya menerima Rp 200 ribu. Padahal kerja kami sama dengan mereka yang digaji lebih dari Rp3 juta. Maka dari itu ini angin segar bagi kami," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)