alexametrics

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 67,4286 Kg Sabu dari Malaysia

loading...
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 67,4286 Kg Sabu dari Malaysia
Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudho Margono (nomor tiga dari kanan) saat memerikan keerangan pers di Mako Lantamal-1 di Belawan, Jumat petang. Foto/SINDOnews/Rusli HR
A+ A-
BELAWAN - TNI AL di bawah kawasan Komando Armada I (Koarmada I) menggagalkan penyelundupan 67,4286 Kg sabu yang diangkut speedboat di Alur Kuala Peunaga Lama Aceh Tamiang, Kamis (13/9/2018).

Speedboat yang terbuat dari kayu belapis viber glas berwarna hijau les merah putih dengan menggunakan mesin tempel 200 PK tersebut ditemukan petugas Tim The First One (F1QR I) Lanal Lhokseumawe, saat berlayar menuju ke Kuala Seruwe Ach Tamiang membawa sebanyak 67,4286 Kg sabu berkwalitas super dari Pulau Pinang Malaysia.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudho Margono, dalam keterangan persnya di dermaga Mako Pangkalan Utama TNI AL-1 di Belawan mengatakan, saat petugas Tim F1QR I Lanal Lhokseumawe meneima informasi dari intelijen Lanal Lhokseumawe bahwa akan masuk satu unit speedboat dari Pulau Pinang Malaysia kearah Seruwei yang dduga membawa narkoba jenis sabu dan dikuatkan adanya informasi dari masyarakat nelayan.

Petugas Posal Seruwei dengan menggunakan perahu mengadakan pengintaian, sekitar pukul 06.45 WIB petugas menemukan speedboat yang dicurigai di daerah Alur Kuala Peunaga Lama. Kemudian petugas melakukan penghentian terhadap speedboat tersebut.



Namun saat dilakukan penghentian speedboat tersebut pelaku berusaha melarikan diri. Petugas kemudian melakukan pengejaran sambil melepaskan tembakan ke udara sebanyak tiga kali sebagai peringatan.

Mendengar adanya tembakan, speedboat behenti di tepi alur. Sementara dua orang awaknya melompat ke darat dan melarikan diri ke hutan dan sedang dalam pengejaran petugas.

Kemudian petugas lainnya melakukan pengecekan di atas speedboat menemukan dua tas besar. Seterusnya petugas menarik speedboat beserta dua tas tersebut ke Posal Seruwei dan dibawa ke Mako Pangalan Utama TNI AL-1 DI Belawan.

Setiba di Belawan Petugas TNI AL-1 mengundang Ketua BNN Sumut melakukan pengecekan dan penimbangan, ternyata barang ersebut adalah narkotika jenis sabu berkualitas super seberat 67,4286 Kg.

Panglima Koarmada I Yudho Margono mengatakan, barang bukti sabu yang diamankan diserahkan kepada BNN Sumut, sedangkan satu unit speedboat beserta mesin tempel masih berada di Mako Pangkalan Utama TNI AL-1 di Belawan.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak