Candi Prambanan Ditutup Rayakan Hari Raya Nyepi, Wisatawan Asing Kecele

Senin, 11 Maret 2024 - 17:29 WIB
loading...
Candi Prambanan Ditutup Rayakan Hari Raya Nyepi, Wisatawan Asing Kecele
Dua wisatawan asing tak bisa masuk ke kawasan Candi Prambanan karena ditutup pada Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 pada Senin (11/3/2024). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
SLEMAN - Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, pengelola Candi Prambanan menutup kawasan candi untuk wisatawan. Tak ada aktivitas wisatawan sama sekali di seluruh kawasan candi.

Sedangkan aktivitas yang sengaja digelar oleh pengelola candi adalah melukis bersama oleh 9 seniman. Mereka bakal melukis suasana candi saat tidak ada pengunjung.



Sembilan pelukis ini tersebar mengelilingi Candi dari 4 mata angin yaitu Timur, utara, barat dan selatan.

Terlihat ada beberapa wisatawan mancanegara yang hendak masuk ke kawasan candi. Namun karena semua pintu ditutup oleh petugas dari pengelola Candi Prambanan maka mereka tidak bisa masuk. Bahkan mereka tetap berusaha dengan cara mengelilingi kawasan Candi berharap masih bisa masuk.

"Kami tidak tahu kalau candi sedang ditutup," ujar Steven wisatawan asal Eropa ini, Senin (11/3/2023)

General Manager (GM) Prambanan & Ratu Boko PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan dalam penutupan hari raya Nyepi ini, dari pihak TWC melakukan program Prambanan Dalam Sunyi. Di momen tersebut pihaknya menutup operasional destinasi Taman Wisata Candi Prambanan.



"Di saat hari ini, yaitu hari raya Nyepi dimana penutupan dimulai hari ini pukul 05.00 sampai keesokan harinya pukul 05.00 WIB, " katanya.

Dalam penutupan ini, pihak PT TWC mengikuti sesuai aturan perayaan Nyepi. Di samping itu pihaknya juga ikut mematikan listrik, pemadaman listrik kemudian lampu-lampu penerangan juga dipadamkan sehingga mereka bisa melaksanakan Nyepi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5277 seconds (0.1#10.140)