Masuk Musim Pancaroba, Pemprov DKI Minta Warga Waspada DBD

Senin, 11 Maret 2024 - 14:09 WIB
loading...
Masuk Musim Pancaroba, Pemprov DKI Minta Warga Waspada DBD
PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta warganya antisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini sebagai respons datangnya musim pancaroba. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta warganya mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ). Hal ini sebagai respons datangnya musim pancaroba , peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Pasalnya kata Heru kondisi perubahan cuaca (pancaroba) akan berdampak pada kesehatan masyarakat. "Penyakit DBD karena keadaan genangan-genangan yang menjadi sarang nyamuk," kata Heru dalam keterangannya, Senin (11/3/2024)

"Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mengendalikan terjadinya penyakit DBD," tambahnya.



Di masa pancaroba dijelaskan Heru, curah hujan yang menurun akan berisiko terjadinya peningkatan polusi udara yang berakibat penyakit akibat polusi tersebut. Oleh karenanya dia berharap, masyarakat lebih memperhatikan kondisi udara sekitar.

Kata dia, di saat polusi udara meningkat masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak diperlukan atau menggunakan masker ketika harus beraktivitas di luar rumah.

"Pemerintah Daerah melalui Strategi Pengendalian Pencemaran Udara (SPPU) terus melaksanakan strategi-strategi kolaborasi lintas sektor yang bertujuan untuk mengendalikan polusi udara di DKI Jakarta," jelasnya.

Pada masa pancaroba, Heru melihat ada potensi peningkatan penyakit infeksi saluran pernapasan, oleh karena itu mayarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan sejumlah langkah cerdik, yakni pertama cek kesehatan secara berkala, kedua enyahkan asap rokok, ketiga rajin aktivitas fisik, keempat diet sehat dan seimbang, kelima istirahat cukup, serta keenam kelola stres.

"Selain itu mengonsumsi multivitamin untuk menjaga imunitas," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3414 seconds (0.1#10.140)