alexametrics

Keraton Solo Perkuat Bukti Keturunan Pakoe Boewono X

loading...
Keraton Solo Perkuat Bukti Keturunan Pakoe Boewono X
BRM Muhammad Munier Tjakraningrat bersama keluarga besar cucu PB X dari keturunan Gusti Ayu Pembayun (GKR Pembajoen) usai mengikuti kirab malam 1 Sura di Keraton Kasunanan Surakarta Rabu (12/9) dini hari. FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A+ A-
SOLO - Ahli waris Gusti Ayu Pembayun (GKR Pembajoen), putri satu-satunya mendiang Raja Keraton Kasunanan Surakarta Pakoe Boewono (PB) X terus memperkuat bukti bukti terkait laporan kasus dugaan tindak pidana membuat gelap asal usul perkawinan, pemalsuan surat, dan keterangan palsu. Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo kabarnya akan mengeluarkan surat yang menjelaskan bahwa BRM Muhammad Munier Tjakraningrat dan kedua saudaranya merupakan cucu PB X.

"Surat itu nanti intinya menjelaskan bahwa kami adalah keturunan PB X dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Suratnya belum selesai dan kami tinggal menunggu saja," kata BRM Muhammad Munier Tjakraningrat di Solo, Jawa Tengah, Rabu (12/9/2018).

Sebagai bukti ia dan kedua saudaranya merupakan cucu PB X, Keraton Solo mengundang keluarga besar ahli waris Gusti Ayu Pembayun (GKR Pembajoen) hadir dalam kirab malam 1 Sura yang digelar pada Rabu (12/9) dini hari. Pihaknya hadir bersama seluruh keluarga besar, termasuk dari Madura yang total berjumlah 60 orang. (Baca juga: Cucu Raja Keraton Solo PB X Adukan Suwarsi Cs ke Polresta Solo)Sebelum prosesi kirab, cucu PB X disambut langsung oleh Sunuhun Raja Paku Buwono (PB) XIII beserta permaisuri, dan berfoto bersama. "Semasa ibu (GKR Pembajoen) masih hidup, kami sering diajak untuk mengikuti kirab seperti ini," katanya. Setelah ibunya meninggal dunia, kemudian perwakilan keluarga yang hadir.



Namun dalam kirab tahun ini, hampir semua keturunan Gusti Ayu Pambayun hadir, termasuk sejumlah buyut. Kecuali BRAy Koes Siti Marliyah (kakak Munier Tjakraningrat) tidak bisa datang karena kondisinya sudah tua. "Ini membuktikan kalau BRM Muhammad Munier Tjakraningrat dan saudaranya merupakan keturunan yang sah dari PB X dengan permaisuri," tutur Wartono Wirya Saputra, kuasa hukum BRM Muhammad Munier Tjakraningrat.

Bahkan, adik Munier Tjakraningrat, BRM Malikul Adil Tjakraningrat mendapat kepercayaan membawa pusaka keraton di rombongan yang pertama. Hal itu tidak mungkin jika bukan trah keturunan raja. Sekaligus dengan sendirinya membantah klaim Suwarsi Cs yang menyatakan sebagai keturunan PB X dari Gusti Ayu Pembayun."Kami juga tidak menemukan dan melihat yang namanya Suwarsi saat kirab. Namanya saja juga tidak didengar. Termasuk juga nama Agus Sutono juga tidak ada," urainya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak