alexametrics

Dikdukcapil Serang Musnahkan Ribuan KTP yang Tercecer di Jalan

loading...
Dikdukcapil Serang Musnahkan Ribuan KTP yang Tercecer di Jalan
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Kabupaten Serang memusnahkan sebanyak 2.910 lembar keping KTP elektronik yang ditemukan warga berceceran di pinggir Jalan. SINDOnews/Rasyid
A+ A-
SERANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Kabupaten Serang memusnahkan sebanyak 2.910 lembar keping KTP elektronik yang ditemukan warga berceceran di pinggir Jalan Kampung Banjarsari, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Asep Saepudin mengatakan, pemusnahan dilakukan sesuai dengan cara digunting satu persatu oleh pegawai Dikdukcapil Serang. "Tadi sudah dimusnahkan dengan cara digunting sesuai perintah pak Dirjen (Dikdukcapil Kemendagri)," ujar Asep saat dikonfirmasi, Rabu (12/9/2018).

Agar kejadian serupa tak terulang, pihaknya akan menarik seluruh KTP elektronik yanh tidak aktif di tiap-tiap Kecamayan untuk segera dimunsahkan. "Tadi kita sudah bertemu dengan seluruh Kecamatan. Kita meminta agar KTP yang sudaj tidak aktif maupum rusak untuk dibawa ke kantor untuk juga dimusnahkan," katanya.



Berdasarkan data, sebanyak 2.910 keping KTP dan 9 kartu keluarga (KK). Sebanyak 2.910 keping tersebut terdiri diantaranya 513 KTP manual (KTP lama bukan KTP-el), dan 111 KTP-el rusak secara fisik.

"Kami melakukan uji data dengan alat pembaca (reader) terhadap 4 KTP-el dan 9 kartu keluarga. Semua sudah tidak berlaku (tidak aktif) atau KTP elektronik dan KK yang tidak digunakan karena telah dilakukan pergantian akibat perubahan data penduduk yang bersangkutan," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak