Ini Kronologis Tercecernya Ribuan KTP di Pinggir Jalan Serang

Selasa, 11 September 2018 - 21:54 WIB
Ini Kronologis Tercecernya Ribuan KTP di Pinggir Jalan Serang
Ini Kronologis Tercecernya Ribuan KTP di Pinggir Jalan Serang
A A A
SERANG - Tercecernya ribuan keping KTP dikarenakan adanya ketidakpahaman oknum staf Kecamatan Cikande yang membuang secara sembarangan dokumen negara tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Serang Asep Saepudin mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan bahwa salah sat oknum pegawai membuang KTP dan KK dari dalam gudang yang sedang dirapihkan.

"Akibat ketidakpahaman, kemudian dokumen kependudukan tersebut dibuang oleh oknum staf kecamatan ke tempat pembuangan sampah secara sembarangan," kata Asep, Selasa (11/9/2018).

Dia menjelaskan, setiap fisik KTP dan KK yang salah cetak serta yang sudah tidak terpakai karena ada pergantian data kependudukan warga akan d kirim ke Kemendagri.

Namun sejak 2016, Kemendagri tidak menerima dokumen yang sudah tidak berlaju di karenakan gudangn di Kemendagri sudah penuh dari pengiriman se-Indonesia. "Fisik KTP-el atau KK yang sudah tidak terpakai kemudian disimpan di gudang Disdukcapil dan kantor kecamatan," ujarnya.

Agar kejadian ini tidak terulang, Disdukcapil akan melakukan rapat bersama pemerintah kecamatan, Rabu (12/9/2018) besok untuk menarik semua fisik KTP-el dan KK yang sudah tidak berfungsi atau tidak terpakai ke kantor Disdukcapil Kabupaten Serang.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)