alexametrics

Tersesat di Taman Nasional Tanjung Puting, Dua Turis asal Prancis Selamat

loading...
Tersesat di Taman Nasional Tanjung Puting, Dua Turis asal Prancis Selamat
Tim pencari menemukan dua turis asal Prancis dan pemandu yang tersesat di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kalimantan Tengah dalam keadaan selamat. FOTO/IST
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Dua turis asal Prancis dan satu pemandu yang tersesat di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, akhirnya ditemukan selamat, Selasa (11/9/2018) siang. Ketiganya dilaporkan hilang sejak Senin (10/9/2018) pukul 18.00 WIB.

Wisatawan asal Prancis tersebut bernama Alban Dudek (38) dan Jean Luc Dudek (57). Sedangkan pemandu asal Pangkalan Bun bernama Aldy. "Upaya pencarian sudah dilakukan sejak Senin (10/9/2018) malam dan ketiganya ditemukan hari ini pukul 11.45 WIB dalam kondisi sehat, hanya luka lecet/goresan kayu dan ranting," kata Kapolsek Kumai AKP Agus Priyo Wibowo melalui pesa WhatsApp, Selasa (11/9/2018) sore.

Tim pencarian melibatkan pihak TNTP, Polri, Basarnas, perkumpulan guide dan masyarakat sekitar. "Awalnya dua turis itu bersama guide tracking sejak Senin sore, namun tidak kembali ke campnya di Pondok Tanggui Camp. Mereka habis menyaksikan pemberian makan orang utan (feeding), saat kembali mereka diduga tidak melalui jalan yang biasa ditempuh sehingga mereka tersesat," ujar Agus.

Rekan-rekan guide yang mengetahui informasi tesebut langsung melapor ke petugas TNTP dan meneruskan ke pihak kepolisian. "Dari Senin (10/9/2018) malam sudah dilakukan pencarian, namun saat itu cuaca tidak mendukung akibat diguyur hujan deras dan pencarian dihentikan sementara," katanya.

(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak