Serunya Nonton Balapan Sapi di Pantai Koa-koa

Minggu, 09 September 2018 - 18:54 WIB
Serunya Nonton Balapan Sapi di Pantai Koa-koa
Serunya Nonton Balapan Sapi di Pantai Koa-koa
A A A
PASANGKAYU - Pemandangan alam terbuka di Pantai Koa-koa, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat adalah maget tersendiri bagi pengunjung. Apalagi jika ada pertunjukan balapan sapi semakin menambah asyik suasana pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 5 kilometer.

Banyak warga memanfaatkan hari liburan dengan mengajak keluarganya ke tempat ini untuk menonton balapan sapi sambil menikmati masakan tradisional khas Sulawesi. Berada di ujung utara Sulawesi Barat berbatasan langsung dengan wilayah Sulawesi Tengah, Kabupaten Pasangkayu dikenal dengan tegline Vovasanggayu, minyimpan berbagai potensi wisata.

Salah satunya adalah wisata bahari di Pantai Koa-koa dengan bentangan pasir putih bersih kurang lebih lima kilometer. Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga karena hanya berjarak sekitar 20 menit dari ibu kota Kabupaten Pasangkayu.

Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk di bawah rimbunnya pepohonan yang masih dijaga kelestariannya oleh warga sekitar. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki beberapa bangunan gasebo yang cantik sebagai tempat beristirahat dengan keluarga saat berlibur ketempat ini.
Serunya Nonton Balapan Sapi di Pantai Koa-koa

Di tempat ini pengunjung bisa mengabadikan momen indah dengan sejumlah spot foto yang bagus dan tak kalah bersaing dengan pemandangan yang ada di Pulau bali. Selain itu, pantai ini juga mempunyai terumbu karang yang belum terjamah.

Bagi wisatawan yang hobi menyelam dan melihat keindahan bawah laut Pantai Koa-koa, tak ada salahnya mendatangi tempat ini untuk menyelam karena air di tempat ini juga sangat jernih.

Yang paling seru di tempat ini ada balapan sapi yang digelar oleh warga dan pemerintah. Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa leluasa mengabadikan momen ini. Bahkan beberapa masakan tradisional khas Sulawesi dijajakan di pantai ini.
Serunya Nonton Balapan Sapi di Pantai Koa-koa

Makanan khas ini tak kalah enaknya dengan masakan di restoran. Harganya pun sangat terjangkau. “Bentangan pantai dengan hamparan pasir putih sekitar lima kilo meter menjadi salah satu andalan destinasi wisata bahari di Pantai Koa-koa. Apalagi pantai ini juga mempunyai terumbu karang.Sehingga dengan adanya lomba gerobak sapi tradisional ini bisa menarik wisatawan lokal maupun manca negara bisa datang ke Kabupaten Pasangkayu,” kata Agus Ambo Djiwa, Bupati Pasangkayu saat menoton balapan gerobak sapi.

Pantai Koa-koa ini setiap hari libur dipadati ribuan pengunjung. Sehingga tempat ini dijadikan pemerintah sebagai lokasi festival balapan gerobak sapi tradisonal untuk mengangkat kearifan lokal di Kabupaten Pasangkayu. Selain balapan sapi, tempat ini juga menjadi lokasi lomba balapan perahu katinting bagi nelayan sehingga pantai ini tak pernah sepi pengunjung.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2248 seconds (0.1#10.140)