Pertamina dan Kemenparekraf Kolaborasi Gelar Temu Bisnis UMKM

Sabtu, 09 Maret 2024 - 09:07 WIB
loading...
Pertamina dan Kemenparekraf Kolaborasi Gelar Temu Bisnis UMKM
Pertamina dan Kemenparekraf menggelar temu bisnis bertajuk Kemitraan Nasional Rantai Pasok (KENAROK) X SMEXPO di Surabaya, Jawa Timur 7-9 Maret 2024 untuk memajukan UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar temu bisnis bertajuk Kemitraan Nasional Rantai Pasok (KENAROK) X SMEXPO di Surabaya, Jawa Timur 7-9 Maret 2024 untuk memajukan UMKM .

Area Manager Comm, Rel, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengungkapkan selain pertemuan bisnis, Pertamina juga berupaya untuk meningkatkan kehadiran UMKM dengan meluncurkan sejumlah program peningkatan literasi digital.

"Pertamina secara konsisten meningkatkan program pendampingan untuk membantu UMKM menjadi lebih siap dalam menghadapi pasar global," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (9/3/2024).



Menurut dia UMKM yang tercatat berkontribusi 61 persen terhadap PDB dan menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia menjadi fokus kolaborasi Pertamina dan Kemenparekraf. Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan target jumlah kunjungan wisman pada 2024 telah ditetapkan antara 11 juta hingga 16 juta kunjungan.

"Keberhasilan mencapai target tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak, karena keterkaitannya yang tak terpisahkan dengan ekonomi kreatif," ujarnya pula.

Sandiaga juga menambahkan pentingnya peningkatan produk unggulan sebagai penambah nilai dan daya saing pariwisata, guna memperkuat sinergisitas antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Hal itu dapat memperkuat sinergi antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif dengan fokus pada pengembangan produk unggulan, hingga dapat memperluas pasar pariwisata dan menciptakan peluang baru bagi industri kreatif," katanya lagi.

Selain B2B business matching yang mengundang potensial buyer berasal dari pelaku usaha besar dan asosiasi usaha, kegiatan diisi dengan bisnis forum yang menghadirkan narasumber ahli untuk sharing dan diskusi, B2C Ekraf Expo yang berisi penjualan produk secara ritel kepada pengunjung umum, serta kegiatan performance show yang menampilkan seni pertunjukan unggulan daerah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)