China Luncurkan Zona Pengisian Baterai Kendaraan Listrik di Area Seluas 500 Km

Jum'at, 08 Maret 2024 - 15:14 WIB
loading...
China Luncurkan Zona Pengisian Baterai Kendaraan Listrik di Area Seluas 500 Km
China serius mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik. (Foto: State Grid)
A A A
JAKARTA - China serius mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik. Baru-baru ini mereka meluncurkan zona pengisian dan tukar baterai EV cerdas pertamanya di provinsi Jiangsu. Zona baru ini dirancang untuk meningkatkan pengisian lebih dari 500.000 kendaraan listrik dengan mengurangi waktu tunggu secara signifikan.

Zona ini meliputi area seluas 500 kilometer di Suzhou, Wuxi, dan Changzhou, dengan 1.300 tiang pengisian. Fasilitas tukar baterai pertama kali akan diluncurkan di Wuxi, memungkinkan pergantian baterai dalam waktu 80 detik. Algoritma cerdas menawarkan solusi pengisian yang dioptimalkan untuk pengemudi, termasuk waktu dan lokasi terbaik.

"Zona ini diperkirakan akan memotong waktu rata-rata antrean bulanan untuk pengisian sekitar 50%, sesuai dengan Yuan Xiaodong," kata direktur teknis di lembaga penelitian State Grid Jiangsu Electric Power dilansir dari Shanghaiist, Jumat (8/3/2024).


Rencana Ekspansi dan Pertumbuhan Industri EV


Rencana tersebut mencakup perluasan model zona demonstrasi ke provinsi tetangga Anhui dan Shanghai. Perluasan tersebut bertujuan untuk mempromosikan kemajuan industri kendaraan listrik di wilayah Delta Sungai Yangtze.



Pada akhir 2023, kepemilikan kendaraan listrik di China telah meningkat menjadi 20,41 juta. Negara ini telah proaktif dalam mengembangkan jaringan pengisian EV untuk mendukung jumlah kendaraan listrik yang semakin banyak. Pada 2023, jaringan fasilitas pengisian kendaraan listrik di China mengalami peningkatan 65% dari tahun sebelumnya, mencapai hampir 8,6 juta pada akhir tahun.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)