HUT TNGGP ke-44, Ratusan Volunteer Ikut Aksi Bersih-Bersih Sampah di Gunung

Kamis, 07 Maret 2024 - 14:54 WIB
loading...
HUT TNGGP ke-44, Ratusan Volunteer Ikut Aksi Bersih-Bersih Sampah di Gunung
Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango bersama volunteer TNGGP melaksanakan aksi bersih-bersih di tiga jalur pendakian pada Sabtu-Minggu (2-3/3/2023). Foto/MPI/Ricky Susan
A A A
JAKARTA - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-44 yang digelar di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Desa Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Rabu (6/3/2024).

HUT TNGGP yang ditetapkan pada 6 Maret tahun 1980 itu dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan seperti bazar charity, aksi bersih-bersih sampah di gunung, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Dalam aksi bersih-bersih sampah, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama volunteer TNGGP melaksanakan aksi bersih-bersih di tiga jalur pendakian pada Sabtu-Minggu (2-3/3/2023).



Hal tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap keutuhan kawasan konservasi agar bersih dari sampah para pendaki yang tidak menaati peraturan.

Aksi bersih gunung itu mengambil 3 (tiga) pintu masuk pendakian yaitu Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana.

Operasi bersih-bersih ini melibatkan 180 orang, terdiri dari pejabat struktural, pegawai BBTNGGP, Batalyon Armed 5 Pancagiri, Koramil Sukabumi, Koramil Cipanas, Bareskrim Polri, Sat Intelkam Polres Cianjur, Polsek Sukabumi, Purapala, volunteer Montana, volunteer GPO, volunteer Panthera, volunteer Eagle, SBH BBPK Ciloto, dan masyarakat sekitar gunung.

Kepala BBTNGGP Sapto Aji Prabowo mengatakan, aksi bersih-bersih bersama yang dilaksanakan pada 2 dan 3 Maret 2024 berhasil membawa turun sampah seberat 372 kilogram, dengan komposisi jenis plastik kemasan, botol plastik, botol kaca, karet, dan kaleng.

“Operasi bersih-bersih sampah BBTNGGP dengan mitra Taman Nasional ini berhasil membawa turun sampah seberat 372 kilogram dari tiga jalur yakni via Cibodas, via Putri dan via Cibodas,” ujarnya, Senin (4/3/2023).

Kegiatan tersebut, lanjut Sapto, akan terus dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap keutuhan taman nasional.

“Upaya nyata ini harus terus rutin dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kita terhadap keutuhan kawasan konservasi,” katanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3556 seconds (0.1#10.140)