Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab, Kutukan Terhadap Paman Nabi Muhammad SAW

Kamis, 07 Maret 2024 - 11:55 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Al-Lahab, Kutukan Terhadap Paman Nabi Muhammad SAW
Sesungguhnya dia diberi julukan Abu Lahab tiada lain karena wajahnya yang cerah. llustrasi: SINDOnews
A A A
Allah SWT dalam al-Quran Surat Al-Lahab dari ayat 1-5 berfirman:

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ (1) مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ (2) سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (3) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (4) فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ (5)


Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menukil hadis yang diriwayatan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas , bahwa Nabi Muhammad SAW keluar menuju ke Lembah Batha, lalu menaiki bukit yang ada padanya dan berseru, "Awas ada musuh di pagi hari ini!"



Orang-orang Quraisy pun berkumpul kepadanya dan beliau bersabda: "Bagaimanakah pendapat kalian jika aku sampaikan berita kepada kalian bahwa musuh akan datang menyerang kalian di pagi atau petang hari, apakah kalian akan percaya kepadaku?”

Mereka menjawab, "Ya.”

Nabi SAW bersabda, "Maka sesungguhnya aku memperingatkan kepada kalian akan datangnya azab yang keras.”

Abu Lahab berkata, "Celakalah kamu ini, karena inikah engkau mengumpulkan kami."

Maka Allah SWT menurunkan firman-Nya: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. ( Al-Lahab : 1), hingga akhir surat.



Menurut riwayat yang lain, disebutkan bahwa lalu Abu Lahab menepiskan kedua tangannya seraya berkata, "Celakalah kamu sepanjang hari ini, karena inikah engkau mengumpulkan kami?"

Maka Allah SWT menurunkan firman-Nya: "Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa." (Al-Lahab: 1)

Menurut Ibnu Katsir, konteks riwayat pertama menunjukkan pengertian kutukan terhadap Abu Lahab, sedangkan konteks riwayat kedua menunjukkan pengertian pemberitaan tentang sikap Abu Lahab.

Abu Lahab adalah salah seorang paman Rasulullah SAW, nama aslinya ialah Abdul Uzza ibnu Abdul Muttalib, dan nama kunyahnya (gelarnya) ialah Abu Utaibah.

Sesungguhnya dia diberi julukan Abu Lahab tiada lain karena wajahnya yang cerah.

Dia adalah seorang yang banyak menyakiti Rasulullah SAW , sangat membenci dan meremehkannya serta selalu memojokkannya dan juga memojokkan agamanya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)