HUT ke-73 TNI, Ribuan Orang Menari Gemu Famire Kolosal di Jateng-DIY

Selasa, 04 September 2018 - 15:00 WIB
HUT ke-73 TNI, Ribuan Orang Menari Gemu Famire Kolosal di Jateng-DIY
HUT ke-73 TNI, Ribuan Orang Menari Gemu Famire Kolosal di Jateng-DIY
A A A
YOGYAKARTA - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto bersama 6.000 personel TNI/Polri dan elemen masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti tari Gemu Famire Kolosal di shelter Delta Skadik 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (4/9/2018). Kegiatan ini dalam rangka memecahkan rekor MURI tarian terbanyak secara serentak di Indonesia sekaligus memeriahkan HUT ke-73 TNI.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto mengatakan selain bagian dari tari Gemu Famire Kolosal, kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan karya anak bangsa, khususnya budaya Indonesia Timur. Juga sekaligus melestarikan budaya asli Indonesia sehingga semakin dicintai dan dihargai. "Termasuk untuk meningkatkan gairah anak muda pencipta lagu daerah di Indonesia," kata Wuryanto seusai acara.
Menurut Wuryanto, peserta tari Gemu Famire di Jawa Tengah dan DIY sebanyak 24.000 orang. Selain di Lanud Adisutjipto, juga dilaksanakan di beberapa tempat di antaranya Lanud Adisumarmo, Solo, di Korem Wijayakusuma Purwokerto, Simpanglima Semarang dan lapangan Pangsar Sudirman Ambarawa.
Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi menambahkan kegiatan ini juga untuk meningkatkan kekompakan serta menjalin persatuan dan kesatuan antara keluarga besar TNI Polri ASN dan elemen masyaralat. Sekaligus menunjukkan kebersamaan yang didasari sportivitas tinggi.
Sementara itu, tari Gemu Famire Kolosal di Simpanglima, Semarang dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Wali Kota Semarang Hendi Prihadi. Acara itu diramaikan dengan demonstrasi seni bela diri Kera Sakti yang dipimpin Lettu Agus.

"Ayo cintai dan lestarikan budaya bangsa mulai dari sekarang dan mulai dari diri kita. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak mulai sekarang kapan lagi," ujar Kasdam.
HUT ke-73 TNI, Ribuan Orang Menari Gemu Famire Kolosal di Jateng-DIY
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5621 seconds (0.1#10.140)