Cek Persaingan Jurusan, Begini Cara Lihat Daya Tampung Prodi SPAN-PTKIN 2024

Rabu, 06 Maret 2024 - 13:26 WIB
loading...
Cek Persaingan Jurusan, Begini Cara Lihat Daya Tampung Prodi SPAN-PTKIN 2024
Panitia SPAN-PTKIN memberikan data terkait daya tampung prodi di seluruh PTKIN yang berpartisipasi dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Begini cara melihat daya tampung prodi SPAN- PTKIN 2024. Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) masih dibuka hingga 15 Maret 2024. Sebelum mendaftar, panitia SPAN-PTKIN memberikan data terkait daya tampung prodi di seluruh PTKIN yang berpartisipasi. Bagaimana caranya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Cara Lihat Daya Tampung Prodi SPAN-PTKIN 2024


1. Buka laman SPAN-PTKIN di tautan https://span.ptkin.ac.id/page.

2. Klik menu "Daya Tampung", sistem akan menampilkan semua kampus PTKIN yang terdaftar. Peserta bisa mengurutkan sesuai jenis mulai dari UIN, IAIN, STAIN, dan UN.

3. Gulir ke bawah dan cari universitas tujuanmu

4. Klik simbol "+" dan sistem akan menampilkan jumlah daya tampung per prodi di kampus tersebut.

5. Gulir ke bawah dan cari prodi tujuanmu dan lihat daya tampungnya pada keterangan "Kuota".


Alur Pendaftaran SPAN-PTKIN 2024


Ada enam tahapan yang harus dilalui siswa dalam mendaftar SPAN-PTKIN yang bisa dilakukan melalui website atau aplikasi SPAN-UM PTKIN 2024. Aplikasi tersebut bisa diunggah pada layanan Playstore.


1. Pendaftaran akun


Siapkan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email siswa yang aktif. Kunjungi laman https://siswa.ptkin.ac.id/web/site/register.Masukkan NISN, NPSN, tanggal lahir (dengan format tahun-bulan-tanggal), email siswa yang aktif, dan kode verifikasi kemudian pilih "Daftar".
Cek email untuk melihat NISN dan password untuk login di laman SPAN-PTKIN.

2. Login akun siswa


Kunjungi laman https://siswa.ptkin.ac.id/web/site/login.Isi NISN dan Password yang didapat dari email serta kode verifikasi, kemudian pilih "Login".

Setelah login berhasil, siswa akan diarahkan pada laman Biodata. Cek kembali data yang tercantum, jika ada kesalahan silakan hubungi operator sekolah untuk perbaikan data pada Vervalpd/EMIS. Data akan tersinkron dalam waktu 1x24 jam.

Isi data yang dibutuhkan termasuk data siswa, data hafidz (opsional), data orang tua, dan unggah foto siswa.

3. Cek nilai


Cek nilai rapor yang telah diisi sekolah di PDSS dengan rapor milikmu. Apabila nilai rapor tidak sesuai, hubungi operator sekolah ya! Perhatikan Nilai Mata Pelajaran, Jumlah Mata Pelajaran, dan Total Nilai Mapel pada rapor kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1. Setelah nilai sesuai klik "Nilai Telah Sesuai" dan klik "Ok" pada pesan pop-up yang muncul.

4. Unggah nilai rapor


Siswa wajib mengunggah rapor kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1. File rapor dibagi per-kelas dalam format PDF atau JPG.

5. Pilih PTKIN dan program studi


Setelah selesai mengunggah rapor siswa melanjutkan pemilihan program studi dan PTKIN. Siswa dapat memilih 2 PTKIN dan 2 program studi. Jika sudah, klik "Simpan"

Selanjutnya siswa akan dialihkan ke laman Prestasi. Siswa bisa mengunggah data prestasi paling banyak dua data sewaktu menjadi siswa SMA/sederajat.

6. Finalisasi dan download kartu


Sebelum melakukan finalisasi peserta wajib mengisi survei pendaftaran. Bila sudah, siswa akan melakukan Finalisasi untuk dapat memperoleh Kartu Tanda Peserta, Klik bagian "Finalisasi" lalu klik "Ok" pada pesan pop-up yang muncul.

Setelah proses finalisasi selesai, siswa diwajibkan mengunduh Kartu Tanda Peserta dengan pilih "Cetak Kartu". Cetak dan simpan Kartu Tanda Peserta sebagai bukti pendaftaran SPAN-PTKIN 2024 dan digunakan saat registrasi ulang jika dinyatakan lulus.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)