Quraish Shihab Sebut Rezim Bakal Runtuh Jika Masyarakat Gelisah

Rabu, 06 Maret 2024 - 07:27 WIB
loading...
Quraish Shihab Sebut Rezim Bakal Runtuh Jika Masyarakat Gelisah
Cendekiawan Islam Gus Baha dan Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab dalam Dialog Kebangsaan Merawat Ukhuwah Kebangsaan Menjaga Persatuan Indonesia di Graha Sabha Pramana UGM. Foto/UGM
A A A
YOGYAKARTA - Cendikiawan ilmu Al Qur'an sekaligus mantan Menteri Agama Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII Quraish Shihab menyebut suatu rezim akan jatuh dalam kondisi masyarakat yang takut dan gelisah.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi salah satu pembicara dalam dialog kebangsaan Merawat Ukhuwah Kebangsaan Menjaga Persatuan Indonesia yang digelar di Kampus UGM, Yogyakarta pada Senin 4 Februari 2024.

Sebelum itu, ayah dari presenter Najwa Shihab terlebih dahulu menyinggung soal hasil Pemilu 2024. Menurut dia, siapapun yang terpilih sebagai presiden dan calon wakil presiden nantinya, menjadi cerminan dari masyarakat Indonesia.



”Apakah calon anda menang, atau dia kalah ketahuilah bahwa itu adalah cermin dari masyarakat kita sebagaimana keadaan kamu, kalau anda baik, maka itulah cerminan kebaikan. Tapi kalau anda anggap buruk, itulah cerminan masyarakat kita,” kata Quraish Shihab.

”Kalau itu cerminan masyarakat kita, terimalah dengan legowo, tetapi usahakan untuk memperbaiki. Jangan sampai ukhuwah ini, karena ukhuwah ini modal kita. Yakinlah bahwa ditangan Tuhan, kebajikan itu akan ada,” sambungnya.



”Yakinlah, Tuhan akan menetapkan buat anda bantuan. Yakin itu, itu ada di Al Qur'an. Itu dikatakan begini, mereka itu hampir-hampir saja menjadikan engkau gelisah, masyarakat mu gelisah dalam ketakutan. Kalau itu terjadi, yakinlah rezimnya pasti runtuh,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, Quraish Shihab mengatakan bahwa semua persoalan dapat diselesaikan. Hal itu bisa tercapai apabila menganggap semua pihak sebagai saudara.



”Semua problem dapat diselesaikan dengan syarat kita menganggap yang tidak sependapat dengan kita adalah saudara kita dan berusaha mencari solusi dari tuntutan Tuhan dan kearifan lokal,"”katanya.

Selain Quraish Shihab, hadir pula KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang sering dikenal Gus Baha. Dalam acara tersebut, keduanya memberikan pemaparan terkait permasalahan kebangsaan dan bagaimana cara menyelesaikannya dengan baik.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)