Apakah Minum Air Es Bikin Badan Gemuk, Mitos atau Fakta?

Selasa, 05 Maret 2024 - 17:08 WIB
loading...
Apakah Minum Air Es Bikin Badan Gemuk, Mitos atau Fakta?
Minum air es tidak menyebabkan gemuk dan penambahan berat badan. Air es tidak mengandung kalori, sehingga tidak menyebabkan penambahan berat badan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Minum air es secara langsung tidak menyebabkan gemuk dan penambahan berat badan. Air es, pada dasarnya, tidak mengandung kalori, sehingga tidak secara langsung menyebabkan penambahan berat badan.

Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengatakan bahwa minum air es bisa menyebabkan gemuk dan lemak di tubuh menjadi beku hanya mitos. Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

"Ini hanya mitos dan tidak benar. Air es atau air dingin itu sah-sah saja dikonsumsi dan tidak akan bikin peningkatan berat badan," kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Selasa (5/3/2024).

"Karena air itu mengandung 0 kalori. Jadi tidak mengandung kalori sama sekali," sambungnya.



Saat mengonsumsi air es, dijelaskan dr Kevin tubuh akan meningkatkan suhu. Hal ini bertujuan untuk memproses air tersebut agar sama dengan suhu tubuh, yang mana tanpa disadari dapat membakar kalori.

"Dan justru itu perlu membakar sedikit kalori. Jadi selama masih dikonsumsi dalam batas wajar, tidak akan bikin kamu gemuk atau meningkatkan berat badan," jelasnya.

Namun, terdapat faktor-faktor terkait minum air es yang bisa menyebabkan gemuk dan berkontribusi pada penambahan berat badan. Seperti halnya konsumsi minuman es yang tinggi gula atau kombinasinya dengan pola makan yang tidak seimbang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

Faktor Minum Air Es Menyebabkan Gemuk



Berikut faktor terkait minum air es yang bisa menyebabkan gemuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2654 seconds (0.1#10.140)