Rinov/Pitha Keluar dari Jalur Lolos Olimpiade Paris, PBSI: Kans Masih Terbuka

Rabu, 06 Maret 2024 - 07:02 WIB
loading...
Rinov/Pitha Keluar dari Jalur Lolos Olimpiade Paris, PBSI: Kans Masih Terbuka
Rinov/Pitha Keluar dari Jalur Lolos Olimpiade Paris, PBSI: Kans Masih Terbuka. Foto: IST
A A A
PARIS - Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI , Bambang Roedyanto, menegaskan bahwa kesempatan wakil ganda campuran Indonesia meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 masih sangat terbuka. Pasalnya usai German Open 2024, Indonesia tidak memiliki satu wakil pun dalam jalur lolos kualifikasi Olimpiade 2024.

Sebelum German Open 2024 berlangsung, Indonesia masih memiliki satu wakil dalam jalur lolos Olimpiade Paris lewat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Namun, posisi mereka benar-benar di ujung tanduk mengingat adanya sejumlah persyaratan untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Namun, setelah Rinov/Pitha mendapat hasil minor di German Open 2024, posisi mereka tergeser. Mereka kalah di babak 16 besar, sementara pesaing terdekat mereka yakni Robin Tabeling/Selena Piek asal Belanda melaju jauh hingga ke semifinal.



Usai German Open poin race to Olympic Rinov/Pitha tidak bertambah yakni tetap di angka 51,184 poin. Sementara Tabeling/Piek sukses menambah angka hingga melewati Rinov/Pitha yakni 51,440 poin.

Memang dalam ranking race to Olympic, Rinov/Pitha saat ini menempati peringkat 17. Tetapi, dengan sejumlah persyaratan seperti kuota tiap negara, Rinov/Pitha menempati urutan ke-14 dalam jalur lolos Olimpiade Paris 2024.

Sayangnya hal itu belum cukup. Meski akan ada 16 pasangan ganda campuran yang lolos Olimpiade Paris 2024, tetapi hanya akan ada 13 pasangan teratas yang lolos, sedangkan 3 slot tersisa akan diberikan kepada wakil dari zona Pan-Amerika, Afrika, dan Oceania.

Meski begitu, Roedy -sapaan akrab Roedyanto- menyebut kans Rinov/Pitha untuk lolos Olimpiade masih terbuka. Mengingat, jarak poin Rinov/Pitha berselisih tipis. Sementara masih ada lima turnamen tersisa jelang penutupan kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Memang sementara sekarang Rinov (Rivaldy)/Pitha (Haningtyas Mentari) berada di posisi 14, tersalip pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek. Tapi masih ada sekitar lima turnamen untuk bersaing. Perbedaan poinnya pun hanya ratusan saja," ujar Roedy dalam keterangan pers PBSI, Selasa (4/3/2024).

"Jadi kans masih ada selama mereka bisa terus optimal dalam setiap turnamen. Mengambil sebanyak-banyaknya poin sebelum race to Olympics berakhir. Saya rasa penentuan akan sampai di Kejuaraan Asia dan Eropa nanti," sambungnya.

Kini, para pebulu tangkis Tanah Air masih melanjutkan kiprahnya di French Open 2024 Super 750. Ajang itu akan dimulai pada hari ini di Paris, Prancis.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4694 seconds (0.1#10.140)