alexametrics

Mangsa 3 Kambing Warga, Harimau Sumatera Ditembak

loading...
Mangsa 3 Kambing Warga, Harimau Sumatera Ditembak
Seekor harimau sumatera ditangkap tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat di Ngalau Baribuk, Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Selasa (28/8/2018) pukul 22.00 WIB. iNewsTV/Rus Akbar
A+ A-
PADANG - Seekor harimau sumatera ditangkap tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat di Ngalau Baribuk, Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Selasa (28/8/2018) pukul 22.00 WIB. Sebelum ditangkap, harimau jantan tersebut sempat memangsa tiga ekor kambing milik warga.

Setelah dilakukan penangkapan, harimau itu langsung dievakuasi ke Kantor BKSDA Sumbar untuk dilakukan observasi. "Penangkapan dilakukan dengan cara menembakkan bius ke tubuh harimau tersebut. Setelah kondisinya lemas, barulah kami amankan dan dievakuasi ke mobil kerangkeng yang disediakan," kata Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumbar Eka Damayanti, Rabu (29/8/2018).

Menurut Eka Damayanti, harimau ini ditangkap setelah petugas Polisi Hutan melakukan pengintaian sejak Sabtu 25 Agustus 2018. Baru tadi malam tim BKSDA melihat langsung keberadaan sibelang tersebut.



Harimau yang ditangkap tersebut diduga harimau yang ditemukan warga di kawasan Batu Busuk, Kecamatan Pauh, dua minggu lalu. Jika dilihat dari jarak antara Batu Busuk dan Ngalau Baribuk, itu masuk dalam wilayah jelajah harimau yang ditangkap.

Eka juga mengatakan dugaan harimau yang sering menyantap ternak warga hanya itu saja. “Harimau yang ditangkap ini masih sekitara berumur dua tahun, karena sering menjelajah,” ucapnya.

Harimau tersebut akan dilakukan penangkaran dan rencananya akan dilepaskan ke alam. Namun belum diketahui kapan harimau tersebut di lepaskan kembali.

Sebelum ditangkap harimau tersebut sempat memangsa tiga ekor kambing warga di kawasan Ngalau Baribuk, RT06/RW03, Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang pada Sabtu 25 Agustus 2018. Bangkai kambing yang ditemukan tersebut dalam kondisi badan sudah habis dimangsa namun dua ekor lagi ditemukan dalam kondisi mati.

Melihat kejadian tersebut sekaligus melihat harimaunya warga langsung melaporkan ke BKSDA Sumbar. “Mendapat laporan tersebut petugas langsung melakukan pengintaian di lokasi,” pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak