Balita di Tana Toraja Meninggal, Setelah Ditolak Puskesmas

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 22:03 WIB
Balita di Tana Toraja Meninggal, Setelah Ditolak Puskesmas
Balita di Tana Toraja Meninggal, Setelah Ditolak Puskesmas
A A A
TANA TORAJA - Bocah berusia 4 tahun meninggal dunia setelah ditolak penanganannya di salah satu Puskesmas di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis siang (24/8/2018).

Herlina (43) berangkat dari rumahnya di Lembang Belau Utara, Kecamatan Masanda, Tana Toraja, bersama si buah hatinya Karmila Ratte Tiboyong (4) yang sedang sakit untuk mendapatkan perawatan medis di Puskesmas terdekat.

Namun saat sampai di Puskesmas Bittuang, Kecamatan Bittuang, Karmila yang lemas karena sakit itu, datang meminta pertolongan. Namun miris upaya sang ibu tak mendapatkan respon dan ditolak oleh pihak puskesmas karena alasan tidak bisa melayani masyarakat diluar wilayah kerjanya.

Menurut keterangan Herlina ibu dari Karmila, bahwa anaknya tak bisa dirawat di Puskesmas Bittuang karena diluar wilayah domisili pasien, dan tinggal di wilayah Kecamatan Masanda.

"Kata perawat di Puskesma itu, kami bukan warga Bittuang dan harus membawa anak saya di Makale dan anak saya sudah sekarat kasihan," kata Herlina, Kamis (24/8/2018).

Herlina menceritakan, ia membawa anaknya menggunakan Ojek menuju puskesmas di Bittuang namun ditolak dan diminta perawat untuk dirawat ke Kota Makale.

Namun tak sampai di Makale, ibu Herlina tak mendapatkan pertolongan dan tengah perjalanan Ibu Herlina sempat menyinggahkan anaknya di Puskesmas Ulusalu. Namun nyawa Karmila tidak tertolong dan meninggal dunia.

"Kami berharap kepada Puskesmas untuk mengantarkan anak saya menggunakan ambulans ke Makale, namun di Puskesmas Bittuang tidak membantu, ditengah perjalanan kami singgah di Puskesmas Ulusalu disitu anak saya sudah tidak tertolong lagi," tangis Herlina.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6512 seconds (0.1#10.140)