Profil Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang Baru Ditunjuk Kapolri

Sabtu, 02 Maret 2024 - 07:37 WIB
loading...
Profil Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang Baru Ditunjuk Kapolri
Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi memimpin apel pagi dan memberikan pengarahan kepada seluruh personel Bone Bolango di lapangan apel Polres Bone Bolango, Kamis, 12 Mei 2022. FOTO/DOK.POLDA GORONTALO
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo belum lama ini menunjuk Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang baru. Keduanya ditunjuk melalui mutasi Polri di akhir Februari 2024.

Dilansir dari laman Humas Polri, mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/429/II/KEP./2024 tertanggal 28 Februari 2024. Dalam surat tersebut Kapolda Gorontalo Irjen Angesta Romano Yoyol dimutasi ke Pati Mabes Polri dalam rangka pensiun. Posisi Kapolda kemudian digantikan oleh wakilnya, Brigjen Pudji Prasetijanto.

Sedangkan untuk posisi Wakil Kapolda Gorontalo akan diemban oleh mantan Dirintel Densus 88 Antiteror Polri, Brigjen Simson Zet Ringu.

Profil Kepala dan Wakil Polda Baru Gorontalo

1. Kapolda Gorontalo Brigjen Pudji Prasetijanto

Profil Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang Baru Ditunjuk Kapolri

FOTO/DOK.POLDA GORONTALO

Brigjen Pudji Prasetijanto yang lahir pada 1967 ini sebelumnya merupakan Wakil Kapolda Gorontalo yang telah menjabat sejak 2020. Ia kini ditunjuk sebagai Kapolda Gorontalo untuk menggantikan Irjen Angesta Romano Yoyol.

Pudji merupakan lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman di bidang SDM. Dalam riwayat kariernya, jenderal yang sebentar lagi akan mendapat pangkat bintang duanya ini pernah menjabat sebagai Kapolres Bengkulu Utara.

Brigjen Pudji juga sempat mengemban tugas sebagai Kasubbag Dalpro Bag Anev Rojianstra SDE SDM Polri di 2010, Wadirreskrimsus Polda Sumut pada 2011, Assesor dan Staf Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri pada 2012, serta Karo SDM Polda Bengkulu di tahun yang sama.

Sebelum menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo, Pudji sempat mengemban tugas menjadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri di 2019.

2. Wakapolda Gorontalo Brigjen Simson Zet Ringu

Profil Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang Baru Ditunjuk Kapolri

Simson Zet Ringu (lima dari kiri berdiri) berfoto bersama sejumlah alumni SMA Taruna Nusantara. Simsonsaat itu berpangkat Kombes Pol. FOTO/FACEBOOK SMA TARUNA NUSANTARA

Posisi Wakapolda Gorontalo yang ditinggalkan Brigjen Pudji Prasetijanto akan diisi oleh Brigjen Simson Zet Ringu yang sebelumnya bertugas di Dirintel Densus 88 AT Polri sejak 2020.

Brigjen Simson yang berasal dari Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, lahir pada 3 Maret 1974. Ia merupakan lulusan Akpol 1996.

Selama berkarier di kepolisian, Simon tercatat pernah duduki posisi Kapolsek Kerek Kabupaten Tuban, Kanit Kontra Intel Densus 88/AT Bareskrim Polri, dan Pamen Densus 88 AT Polri.

Kariernya di satuan antiteror itu berlanjut, setelah dipercaya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Intelijen Densus 88 AT Polri, hingga akhirnya jadi Dirintel Densus 88 AT Polri pada 2020.

Itulah Profil Kepala dan Wakil Polda Gorontalo yang baru ditunjuk Kapolri
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)