alexametrics

Sekolah ini Akhirnya Dialiri Listrik saat Hari Kemerdekaan

loading...
Sekolah ini Akhirnya Dialiri Listrik saat Hari Kemerdekaan
Manajer PT PLN Area Sibolga, Poltak Samosir berfoto bersama usai pengoperasian jaringan listrik di SMA Negeri 1 Parmaksian Kabupaten Tobasa, Sumut, Jumat (17/8/2018). Foto/Istimewa
A+ A-
TOBA SAMOSIR - Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus menjadi berkah tersendiri bagi SMA Negeri 1 Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara. Betapa tidak, sejak dibangun enam tahun lalu, sekolah ini akhirnya dialiri listrik.

PT PLN (Persero) Area Sibolga meresmikan pengoperasian jaringan listrik di sekolah yang terletak di Desa Bandar Ganjang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Tobasa pada Jumat (17/8/2018).

Penantian selama enam tahun akhirnya terbayar sudah. Manajer PT PLN Area Sibolga, Poltak Samosir mengatakan para siswa dan guru SMA Negeri 1 Parmaksian dapat menjadikan momen HUT RI ke-73 tahun ini sebagai hari bersejarah bagi sekolah tersebut.

"Bahkan untuk pertama kalinya pihak sekolah ini dapat merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan berkumpul di sekolah dan bernyanyi diiringi keyboard karena fasilitas listrik dari PLN sudah masuk," terang Poltak Samosir.

Poltak mengungkapkan, sebelumnya para guru di sekolah itu hanya bisa mengecas laptop mereka di rumah untuk digunakan dalam kegiatan mengajar siswa, namun hanya bertahan sampai 3 jam saja, lalu laptop akan mati.

Selain itu, lanjutnya, fasilitas komputer yang sudah ada di sekolah selama ini tidak bisa digunakan karena listrik tidak ada. Sehingga pada bulan Mei 2018 pihak Sekolah tidak bisa mengikuti kegiatan UNBK karena tidak ada listrik di Sekolah itu.

"Oleh karena itu saya sangat terharu mendengar semua cerita Kepala Sekolah Bapak Munthe, betapa dirinya sangat merasa bersyukur karena listrik sudah masuk," ungkapnya.

Menurut Poltak, informasi bahwa SMA Negeri 1 Parmaksian belum dialiri listrik, baru diterimanya bulan Juli. Sehingga setelah mendapat informasi tersebut, tim PLN langsung bergerak cepat untuk melakukan survei rencana pembangunan jaringan listrik di sekolah itu.Dan akhirnya proses pemasangan jaringan listrik tegangan menengah 20 kV sepanjang 750 meter dan trafo distribusi kapasitas 25 kVA sudah tuntas tepat pada perayaan hari kemerdekaan RI ke-73 tahun.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak